Analisis kemampuan pemecahan masalah trigonometri menggunakan instrumen HOTS two tier diagnostic



Frenanto, Allan (2023) Analisis kemampuan pemecahan masalah trigonometri menggunakan instrumen HOTS two tier diagnostic. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (913kB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (586kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB) | Request a copy
[thumbnail of H. BAB VI.pdf] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB) | Request a copy
[thumbnail of I. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (683kB)
[thumbnail of J. LAMPIRAN.pdf] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Frenanto, Allan. 2023. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Trigonometri Menggunakan Instrumen HOTS Two Tier Diagnostic. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing (I) Dr. Fatqurhohman, M.Pd (II) Rohmad Wahid Rhomdani, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, HOTS Two Tier Diagnostic
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemecahan masalah HOTS siswa SMA menggunakan Two Tier Diagnostic.
Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian Kelas X MIPA 4 SMAN Balung, Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data berupa soal tes tertulis dan wawancara semi terstruktur. Data kemampuan pemecahan masalah menggunakan 5 tahapan Krulick dan Rudnick yakni read and think, explore and plan, select a strategy, find and answer, reflect and extend. Metode Two
Tier Diagnostic terdiri dari dua tahap, pertama siswa menuliskan cara mendapatkan jawaban, kedua siswa menuliskan alas an untuk memilih metode
tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika tinggi dapat menuliskan simbol matematika dengan tepat, bahkan menuliskan jawaban secara runtut, dan solusi akhir sesuai pertanyaan. Sebaliknya, siswa dengan kemampuan sedang
tidak dapat menempatkan simbol matematika dengan tepat, bahkan menuliskannya dengan salah, dan bahkan menuliskan tahapan penyelesaian dengan tepat, sehingga jawaban akhir sebagian besar salah.
Subjek penelitian berjumlah 4 siswa dari jawaban 2 butir soal identitas trigonometri. Subjek yang tepilih adalah siswa yang berkemampuan tinggi dan sedang. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan 22
Mei 2023 di SMA Negeri Balung, tepatnya kelas X Mipa 4. Pengumpulan datanya berupa tes tulis dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil penelitian dan pembahasan tentang kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berkemampuan tinggi dan siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaiakan soal identitas
trigonometri menggunakan instrumen HOTS Two Tier Diagnostic, dapat disimpulkan berdasarkan kemampuan hasil pengerjaan soal tes dan wawancara kemudian disesuaikan dengan kategori menunjukkan kemampuan pemecahan
masalah 2 siswa berada pada kategori tinggi dengan nilai 94 dan 90. Sedangkan 2 siswa berkemampuan sedang dengan nilai 80 dan 76. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan tinggi dapat menyelesaikan soal dengan baik dibandingkan siswa yang berkemampuan sedang.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Fatqurhohman, Fatqurhohman
NIDN0711028602
UNSPECIFIED
Rhomdani, Rohmad Wahid
NIDN0729048701

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kemampuan pemecahan masalah, HOTS Two tier diagnostic
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Allan frenanto | Allanfrenanto@gmail.com
Date Deposited: 29 Jul 2023 03:34
Last Modified: 29 Jul 2023 03:34
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18534

Actions (login required)

View Item View Item