Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Model Pembelajaran Round Club terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Setiawan, Anisa Sabrina (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Model Pembelajaran Round Club terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL.pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena pembelajaran matematika sering dipandang sebagai mata pelajaran yang kurang diminati bahkan dihindari, sehingga komunikasi matematis siswapun rendah, selain itu model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar juga berpengaruh dalam penanaman anggapan siswa bahwa matematika itu sulit. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran Round Club terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa? (3) Manakah yang lebih besar pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan model pembelajaran Round Club terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Round Club terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dan untuk mengetahui manakah yang lebih besar pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan model pembelajaran Round Club terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 12 April sampai 16 Mei 2017 di SMP Negeri 7 Jember pada kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen Hasil penelitian dapat dilihat berdasarkan hasil pengujian pada hasil tes baik pretest maupun posttest kelas kontrol, diperoleh bahwa t_hitung= 2,410 ≥ t_tabel= 1,687, sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh t_hitung = 2,581 ≥ t_tabel = 1,687. Pada pengujian data wawancara sebelum maupun sesudah pembelajaran pada kelas kontrol diperoleh bahwa t_hitung = 1,771 ≥ t_tabel = 1,687, sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh t_hitung = 2,684 ≥ t_tabel = 1,687. Dari hasil observasi aktivitas komunikasi matematis lisan siswa diperoleh nilai rata-rata komunikasi matematis lisan siswa kelas kontrol sebesar 61,82 masuk dalam kategori cukup, sedangkan rata-rata komunikasi matematis lisan kelas eksperimen sebesar 72,08 masuk dalam kategori cukup. Kesimpulan penelitian ini adalah terbukti bahwa, ada pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, ada pengaruh model pembelajaran Round Club terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dan pengaruh model Think Talk Write (TTW) lebih besar dari pengaruh model Round Club terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Article
Additional Information: Anisa Sabrina Setiawan (1310251001)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Think Talk Write (TTW), dan Round Club
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 22 May 2019 02:24
Last Modified: 22 May 2019 02:24
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1856

Actions (login required)

View Item View Item