TANGGUNG GUGAT PENYEDIA LAYANAN TERHADAP AFILIATOR TERKAIT WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN AFILIASI (Studi Kasus Afiliator Shopee ID : 11377610190)

Laely, Syirtu Fil (2023) TANGGUNG GUGAT PENYEDIA LAYANAN TERHADAP AFILIATOR TERKAIT WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN AFILIASI (Studi Kasus Afiliator Shopee ID : 11377610190). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (684kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan cepat teknologi internet mempengaruhi aktivitas belanja online melalui e-commerce, khususnya Shopee yang memiliki program Shopee Affiliate. Terdapat permasalahan yang sering terjadi pada pihak Shopee Affiliate. Salah satu diantaranya afiliator tidak mendapatkan hak sepenuhnya terhadap komisi yang sudah disepakati pada awal perjanjian. Ketika komisi tidak diterima sesuai dengan syarat dan ketentuan perjanjian, maka dapat diajukan pertanggungjawaban pada pihak Shopee. Oleh karenanya penelitian ini difokuskan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana tanggung gugat penyedia layanan terhadap afiliator terkait wanprestasi dalam perjanjian afiliasi pada aplikasi Shopee. Adapun metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan penelitian hukum, yaitu perundang-undangan (statute approach), kasus (case approach), dan konseptual konseptual (conceptual approach) guna membantu mendapatkan kebutuhan data dan informasi. Di samping itu, jenis desain penelitian ini melibatkan penelitian yuridis normatif dan disertai dengan penggunaan instrumen studi kepustakaan sebagai alternatif mengumpulkan bahan pendukung penelitian. Berdasarkan hasil/temuan penelitian terhadap permasalahan kasus komisi afiliator disebabkan oleh adanya unsur kelalaian atau kesengajaan dari pihak Shopee sebagai penyelenggara dan penyedia layanan program Shopee Affiliate. Sehingga pada kasus ini, afiliator program Shopee Affiliate yang dirugikan berhak mengajukan tuntutan kepada pihak Shopee yang harus bertanggung gugat atas perbuatan wanprestasi sebagaimana yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tanggung gugat layanan afiliasi, problematika wanprestasi perjanjian afiliasi, studi kasus afiliator Shopee
Subjects: 300 Social Science > 340 Law > 348 Laws, Regulations & Cases
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science (S1)
Department: S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Syirtu Fil Laely
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDIman, Muh.nidn
Contact Email Address: syirtu28@gmail.com
Date Deposited: 31 Jul 2023 01:41
Last Modified: 31 Jul 2023 01:41
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18568

Actions (login required)

View Item View Item