Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas dan Responsivitas dalam Pengelolaan APBDes Terhadap Kepercayaan Publik (Studi di Desa Wringinpitu, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi)

Azizah, Dhea Nur (2023) Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas dan Responsivitas dalam Pengelolaan APBDes Terhadap Kepercayaan Publik (Studi di Desa Wringinpitu, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (276kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (470kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10. ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only until 2028.

Download (469kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu : pertama, untuk mengetahui pengaruh transparansi dalam pengelolaan APBDes terhadap kepercayaan publik. Kedua, untuk mengetahui pengaruh akuntabilitas dalam pengelolaan APBDes terhadap kepercayaan publik. Ketiga, untuk mengetahui pengaruh responsivitas dalam pengelolaan APBDes terhadap kepercayaan publik. Keempat, untuk mengetahui pengaruh transparansi, akuntabilitas dan responsivitas dalam pengelolaan APBDes terhadap kepercayaan publik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dan sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidikan, dan tokoh pemuda Desa Wringinpitu yang berjumlah 40 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Untuk menentukan hasil dalam penelitian ini di uji menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel transparansi tidak memiliki pengaruh secara parsial dan signifikan terhadap variabel kepercayaan publik dengan nilai t hitung < t tabel yaitu 0,239 < 1,688 dan nilai signifikansi sebesar 0,812 > 0,05. Variabel akuntabilitas juga tidak memiliki pengaruh secara parsial dan signifikan terhadap variabel kepercayaan publik dengan nilai t hitung < t tabel yaitu 0,035 < 1,688 dan nilai signifikansi sebesar 0,726 > 0,05. Namun berbeda dengan variabel transparansi dan akuntabilitas, variabel responsivitas memiliki pengaruh secara parsial dan signifikan terhadap variabel kepercayaan publik dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 2,209 > 1,688 dan nilai signifikansi sebesar 0,035 < 0,05. Sedangkan secara simultan variabel transparansi, akuntabilitas dan responsivitas berpengaruh tidak signifikan terhadap kepercayaan publik dengan nilai F hitung < F tabel yaitu sebesar 2,158 < 2,875 dan nilai signifikansi sebesar 0,110 > 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Transparansi, Akuntabilitas, Responsivitas, APBdes, Kepercayaan Publik
Subjects: 300 Social Science > 320 Political dan Government Science > 321 System of Government and States
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Government Science (S1)
Depositing User: Dhea Nur Azizah
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:43
Last Modified: 31 Jul 2023 07:43
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18625

Actions (login required)

View Item View Item