NILAI SOSIAL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL JANJI KARYA TERE LIYE SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK

Mardiani, Lutfiatul Dwi (2023) NILAI SOSIAL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL JANJI KARYA TERE LIYE SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (368kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (721kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
11. ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only until July 2028.

Download (777kB) | Request a copy

Abstract

Mardiani, Lutfiatul Dwi. Nilai Sosisal dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Janji karya Tere Liye sebagai Upaya Membangun Karakter Peserta Didik. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1)Dzarna, M.Pd (2)Eka Nova Ali Vardani, M.Pd. Kata Kunci: Nilai Sosial, Nilai Pendidikan Karakter, Karakter Peserta Didik, Novel Jaji Nilai sosial adalah nilai yang merupakan standar berperilaku suatu individu dalam kehidupan bermasyarakat. Standar ini secara otomatis menjadi peraturan dari segala tindakan sampai ucapan semua orang dalam suatu kelompok masyarakat. Nilai pendidikan karakter adalah pendidikan yang mendukung perkembangan sosial, emosional, dan etis siswa yang dilakuakn untuk memberikan pengaruh terhadap karakter siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai sosial dan nilai pendidikan karakter serta implementasinya pada pendidikan dalam novel Janji karya Tere Liye yang meliputi, nilai sosial dan nilai pendidikan karakter. Jenis penelitian ini dalah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah novel Janji karya Tere Liye. data dapam penelitian ini berupa kata, fara, dan kalimat dalam dialog dan monolog. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini dalah tekni reduksi data yang dilakukan melalui tiga data, yaitu (1) membaca dan memberi tanda pada temuan data, (2) menyiapkan lembar pengumpulan data, dan (3) menyeleksi dan mencatat data. Instrument pengumpulan data pada penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan alat bantu yaitu kartu deskripsi data untuk mempermudah analisis dan klasifikasi data. data dalam penelitian dianalisis melalu tiga tahapan, yaitu (1) pengelompokan data, (2) mengkode data, dan (3) menginterpretasi data. Teknik pengujian kesahihan data dalam penelitian ini menggunakan teknik peningkatan ketekunan. Hasil analisis data menunjukkan adanya nilai sosial dan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Janji karya Tere Liye meliputi (1) nilai sosial berupa nilai material, nilai vital, dan nilai spiritual. (2) nilai pendidikan karakter berupa nilai religius, nilai jujur, nilai kerja keras, nilai berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, nilai ingin tahu, nilai ekologis, dan nilai nasionalis. Bedasarkan hasil data, kesimpulan dari penelitian ini yaitu dengan adanya nilai sosial dan nilai pendidikan karakter dalam novel maka pembaca dapat memahami bermacam-macam nilai yang terkadung dalam suatu karya sastra terutama novel yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari serta bagaimana implementasi karakter peserta didik. Menerapkan nilai sosial dan nilai pendidikan karakter dapat menciptakan pemikiran dan perilaku yang baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai Sosial, Nilai Pendidikan Karakter, Karakter Peserta Didik,
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lutfiatul Dwi Mardiani
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorVardani, Eka Nova Alinidn0710118501
Thesis advisorDzarna, Dzarnanidn0701028802
Contact Email Address: lutfiadwi31@gmail.com
Date Deposited: 31 Jul 2023 08:01
Last Modified: 31 Jul 2023 08:05
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18629

Actions (login required)

View Item View Item