Analisis Tingkat Berpikir Matematis Siswa yang Memiliki Gaya Kognitif Field Independent Berdasarkan Shafer dan Foster dalam Memecahkan Masalah

Mareta, Farida Dwi (2017) Analisis Tingkat Berpikir Matematis Siswa yang Memiliki Gaya Kognitif Field Independent Berdasarkan Shafer dan Foster dalam Memecahkan Masalah. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL PDF.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan berpikir matematis yang dimiliki siswa di SMPIT Al Ghozali masih belum setara dengan tingkat berpikir matematisnya. Berpikir matematis juga berkaitan dengan tingkat berpikir matematis siswa dimana tingkat berpikir siswa terbagi menjadi dua, yaitu tingkat berpikir matematis rendah dan tingkat berpikir matematis tinggi. Tingkat berpikir matematis dalam penelitian hanya siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent saja karena salah satu karaktaristik dari gaya kognitif tersebut berkaitan dengan indikator pada teori Shafer dan Foster. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat berpikir matematis yang memiliki gaya kognitif Field Independent berdasarkan Shafer dan Foster dalam memecahkan masalah matematika pada pokok bahasan pecahan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan deskriptif. Menentukan subjek penelitiannya menggunakan tes GEFT, sehingga diperoleh tiga subjek penelitian dengan gaya kognitif Field Independent. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu 1) tes dilakukan kepada seluruh siswa kelas VII SMPIT Al Ghozali dan siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent, 2) wawancara dilakukan kepada siswa Field Independent, 3) dokumen dari guru matematika kelas VII SMPIT Al Ghozali. Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi waktu.Langkah-langkah dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian dapat dipaparkan sebagai berikut: S1 termasuk dalam tingkat berpikir matematis rendah. S2 termasuk dalam kategori tingkat berpikir matematis tinggi S3 belum dapat dikatakan sebagai tingkat berpikir matematis tinggi.

Item Type: Article
Additional Information: Farida Dwi Mareta (1310251016)
Uncontrolled Keywords: tingkat berpikir matematis, gaya kognitif siswa FI, teori Shafer dan Foster, pecahan
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 22 May 2019 03:31
Last Modified: 22 May 2019 03:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1864

Actions (login required)

View Item View Item