Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa (Studi pada Sub Pokok Bahasan Segitiga dan Jumlah Sudut-Sudut Segitiga Kelas VII SMPN 01 Maesan)

Andani, Lela (2017) Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa (Studi pada Sub Pokok Bahasan Segitiga dan Jumlah Sudut-Sudut Segitiga Kelas VII SMPN 01 Maesan). Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi matematika siswa salah satunya disebabkan karena siswa merasa takut dengan pelajaran matematika dan bahkan bisa disebut dengan fobia pada mata pelajaran matematika.salah satu model pembelajaran yaang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan tutor sebaya (peer tutoring). Masalah dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran peer tutoring (tutor sebaya) dibanding metode ceramah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Pelaksanaan penelitian yaitu 25 April -13 Mei 2017 di kelas VII A dan VII C SMPN 1 Measan. Peneliti menggunakan empat metode pengumpulan data yaitu metode tes dan metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes dan pengujian kualitas tes. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh hasil belajar siswa saat menggunakan metode pembelajaran Peer Tutoring (Tutor Sebaya) tidak berbeda dengan hasil belajar siswa dengan metode ceramah pada pokok bahasan segitiga dan jumlah sudut-sudut segitiga di kelas VII SMP Negeri 1 Maesan tahun pelajaran 2016/2017, dengan rata-rata posttest kelas VIIC = 31,61 dan dan Kelas VIIA = 31.38.

Item Type: Article
Additional Information: Lela Andani (1310251008)
Uncontrolled Keywords: Tutor Sebaya, Ceramah, Hasil Belajar
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 24 May 2019 03:07
Last Modified: 24 May 2019 03:07
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1871

Actions (login required)

View Item View Item