Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Harjito, Lelita Oktafianti (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (625kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penguasaan matematika yang masih sangat kurang. Rendahnya penguasaan matematika siswa Indonesia tercermin dari rendahnya prestasi siswa Indonesia baik di tingkat nasional maupun internasional. Berdasarkan survey TIMSS 1999-2011 menunjukkan bahwa prestasi siswa Indonesia di tingkat internasional masih tertinggal dibandingkan dengan negara-negara lain. Dan berdasarkan survey TIMSS 2007 menunjukkan kemampuan kognitif siswa Indonesia paling rendah pada materi Geometri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dengan model pembelajaran ekspositori pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 12 Jember tahun pelajaran 2016/2017? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dengan model pembelajaran ekspositori pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 12 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental. Pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 04 sampai 13 April 2017 di SMP Negeri 12 Jember di kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan 2 tahap yaitu analisis awal dan uji hipotesis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah tidak ada perbedaan hasil pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Z hitung < Z tabel yaitu -0,613 < -1,96. Sedangkan dari hasil posttest diketahui bahwa terdapat perbedaan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Z hitung > Z tabel yaitu -3,257 > -1,96, dan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik (84,78) dibanding kelas kontrol (70,67). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dengan model pembelajaran ekspositori pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 12 Jember tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Article
Additional Information: Lelita Oktafianti Harjito (1310251014)
Uncontrolled Keywords: Auditroy Intellectualy Repetition (AIR), hasil belajar siswa, luas permukaan dan volume kubus dan balok
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 24 May 2019 03:10
Last Modified: 24 May 2019 03:10
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1872

Actions (login required)

View Item View Item