Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Scientific pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok terhadap Kreativitas Siswa

Nisa, Rifka Choirin (2017) Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Scientific pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok terhadap Kreativitas Siswa. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (571kB) | Preview
[img] Text
1. cover.pdf

Download (186kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (34kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan scientificpada pokok bahasan kubus dan balok terhadap kreativitas siswa, 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan scientificpada pokok bahasan kubus dan balokterhadap kreativitas siswa SMPN 2 Kalisat.Kreativitas siswa merupakan kemampuan siswa untuk membuat konsep pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara kepada guru bidang studi matematika SMPN 02 Kalisat bahawa siswa masih cenderung pasif dan kurang aktif, dan kurangnya pengaplikasian pembelajaran matematika pada kehidupn sehari-hari. Salah satu pembelajaran yang mengembangan kreativitas siswa adalah pendekatan scientific. Adapun materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kubus dan balok. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data diantaranya, yaitu lembar observasi, lembar wawancara, dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh Kreativitas siswa selama menerapkan pendekatan scientific pada kelas eksperimen untuk siswa yang tidak kreatif sebesar (12,5%), kurang kreatif sebesar (12,5%), cukup kreatif sebesar (33,33%) dan kreatif sebesar (41,66%). Sedangkan untuk hasil observasi pada kelas kontrol untuk siswa tidak kreatif sebesar (50%), kurang kreatif sebesar (25%), cukup kreatif sebesar (20,83%), dan kreatif sebesar (12,5%). Dan hasi tes Pembelajara matematika dengan pendekatan scientific sangat berpengaruh terhadap kreativitas siswa kelas VIII pada pokok bahasan kubus dan balok di lihat dari Kp kelas eksperimen sebesar 23,51% dan Kp kelas kontrol sebesar 15,16%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Scientific, Kreativitas Siswa, Kubus dan Balok
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 27 May 2019 02:20
Last Modified: 25 Sep 2019 13:34
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1879

Actions (login required)

View Item View Item