Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa (Studi pada Sub Pokok Bahasan Luas Permukaan Serta Volume Kubus dan Balok Kelas VIII SMPN 1 Maesan Tahun Ajaran 2016/2017)

Wahyuni, Rina Ika (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa (Studi pada Sub Pokok Bahasan Luas Permukaan Serta Volume Kubus dan Balok Kelas VIII SMPN 1 Maesan Tahun Ajaran 2016/2017). Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Hal tersebut dikarenakan siswa menganggap bahwa matematika itu sulit. Matematika sulit, lebih disebabkan pola pengajaran konvensional yang proses belajar-mengajarnya lebih menekankan pada ceramah guru, mengerjakan soal, hafalan dan kecepatan berhitung sehingga membuat siswa pasif dalam pembelajara. Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching dibanding metode ceramah pada sub pokok bahasan luas permukan serta volume kubus dan balok kelas VIII SMPN 1 Maesan tahun ajaran 2016/2017”? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching dibanding metode ceramah pada sub pokok bahasan luas permukaan serta volume kubus dan balok. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain penelitian nonrandomized control group, pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan pada 25 April – 11 Mei 2017. Subjek penelitian sebanyak 48 siswa dari dua kelas yaitu kelas VIII A (kelas eksperimen) dan VIII B (kelas kontrol). Kelas eksperimen diajar menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching sedangkan kelas kontrol diajar menggunakan metode ceramah pada sub pokok bahasan luas permukaan serta volume kubus dan balok. Berdasarkan hasil posttest diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikan 0,002. Siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching memiliki rata-rata lebih tinggi (66,82) dibanding siswa yang diajar menggunakan metode ceramah (43,70). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar matematika siswa pada sub pokok bahasan luas permukaan serta volume kubus dan balok kelas VIII SMP Negeri 1 Maesan tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Article
Additional Information: Rina Ika Wahyuni (1310251031)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Luas Permukaan serta Volume Kubus dan Balok
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 27 May 2019 02:41
Last Modified: 27 May 2019 02:41
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1880

Actions (login required)

View Item View Item