Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Setting Model Treffinger terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa

Dewi, Sapta Ria (2017) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Setting Model Treffinger terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran kooperatif setting model Treffinger terhadap kreativitas siswa kelas VII SMP Negeri 1 Maesan, 2) Untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran kooperatif setting model Treffinger terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Maesan. Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang berbeda dari yang lain, berdasarkan hasil wawancara kepada guru bidang studi matematika SMP Negeri 1 Maesan bahwa kreativitas siswa belum muncul pada saat proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa belum memenuhi ketuntasan. Salah satu dari model pembelajaran yang mengembangkan kreativitas adalah kooperatif setting model Treffinger. Adapun materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah keliling dan luas segitiga. Peneliti menggunakan empat metode pengumpulan data diantaranya yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dan lembar observasi. Hasil dari penelitian quasi eksperimen ini adalah 1) terdapat pengaruh yang kurang dari pembelajaran kooperatif setting model Treffinger terhadap kreativitas siswa, 2) terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif setting model Treffinger terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Additional Information: Sapta Ria Dewi (1310251025)
Uncontrolled Keywords: model Treffinger, Kreativitas, Hasil Belajar
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 27 May 2019 03:10
Last Modified: 27 May 2019 03:10
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1883

Actions (login required)

View Item View Item