Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Adobe Flash CS6 Berbasis Android Pokok Bahasan Segitiga

Zulkarnain, Ahmad Danial (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Adobe Flash CS6 Berbasis Android Pokok Bahasan Segitiga. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text
1. Cover.pdf

Download (93kB)
[img] Text
14. Abstrak.pdf

Download (157kB)
[img] Text
16 Daftar Rujukan.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)

Abstract

Di Era Modern ini perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat, salah satu contoh teknologi yang populer di era modern ini yaitu Android. Namun jarang sekali teknologi android ini digunakan untuk dunia pendidikan khususnya dalam pembelajaran matematika. Dimana matematika merupakan salah satu ilmu yang sering di takuti oleh siswa dan tidak sedikit pula yang mengatakan bahwa matematika adalah pelajaran yang membosankan. Padahal jika android ini dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika sangatlah memberi dampak yang sangat positif. Salah satunya dengan memanfaatkan android sebagai media pembelajaran matematika, sehingga belajar matematika tidak lagi terkesan membosankan atau siswa merasa jenuh. Pada salah satu SMP di bondowoso yaitu SMP Negeri 1 Maesan sudah banyak siswa yang memliki smartphone atau tablet yang berbasis android, sangat disayangkan sekali jika penggunaannya hanya sekedar bermain game, atau hal yang kurang bermanfaat lainnya. Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat dipandang perlu untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis Android di kelas VII C SMP Negeri 1 Maesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan adobe flash cs 6 berbasis android pada pokok bahasan segitiga yang berkualitas baik. Dalam penelitian ini produk dinilai menggunakan penilaian beberapa angket berdasarkan hasil ujicoba produk yang diujikan kepada 3 ahli yaitu: ahli media dan 2 ahli materi serta 29 siswa, untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran berbasis android ini. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa media pembelajaran berbasis android ini berkualitas baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli media mendapatkan nilai sebesar 4,17 dan untuk validasi oleh ahli materi mendapatkan rata – rata nilai sebesar 4,13, sehingga produk ini bisa dikatakan valid. Untuk angket respon siswa mendapatkan skor sebesar 3,62 dan termasuk kriteria sangat baik, sehingga produk ini bisa dikatakan praktis. Sedangkan untuk nilai siswa dari 29 siswa hanya 4 siswa saja yang mendapatkan nilai dibawah kkm yaitu 70, persentase nilai ketuntasan yang diperoleh sebesar 80% dan termasuk kriteria sangat baik, sehingga media pembelajaran berbasis android ini dikatakan efektif. Jadi dari hasil data yang diperoleh, produk ini memenuhi ketiga kriteria yaitu (1) valid menurut para ahli, (2) praktis, dan (3) efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran barbantuan adobe flash cs 6 berbasis android pada pokok bahasan segitiga ini berkualitas baik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Additional Information: Ahmad Danial Zulkarnain (1310251032)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran Berbantuan Adobe Flash, Android, Segitiga
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 27 May 2019 03:28
Last Modified: 01 Oct 2019 09:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1885

Actions (login required)

View Item View Item