Asuhan Keperawatan Pasien Stroke Hemoragik dengan Masalah Perfusi Serebral Tidak Efektif di Ruang Melati RSD dr. Soebandi Jember

Nurrahman, Fawzi (2023) Asuhan Keperawatan Pasien Stroke Hemoragik dengan Masalah Perfusi Serebral Tidak Efektif di Ruang Melati RSD dr. Soebandi Jember. Profession Education thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (949kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)

Abstract

Pendahuluan : Stroke hemoragik merupakan pecahnya pembuluh darah otak yang menyebabkan terjadinya penurunan kesadaran ataupun gangguan neurologi lainnya, yang terjadi secara tiba – tiba dan berlangsung hingga lebih dari 24 jam, dan dapat menyebabkan kematian. Perdarahan intraserebral biasanya disebabkan oleh pecahnya mikroaneuneurisme akibat hipertensi malignan. Kejadian tersebut paling sering pada daerah subkortikal, sereblum, dan batang otak. Sedangkan hipertensi kronis dapat menyebabkan pembuluh arteriola berdiameter 100 – 400 mikrometer mengalami perubahan patologi pada dinding pembuluh darah. Pemberian posisi kepala pada pasien stroke hemoragik yaitu pertahankan posisi tirah baring dua sampai tiga hari, posisi anatomis atau pemberian posisi kepala ditinggikan 15° sampai 30°. Penelitian ini bertujuan melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien stroke hemoragik dengan masalah perfusi serebral tidak efektif di ruang melati RSD dr. Soebandi Jember. Metode : Desain studi ini adalah studi kasus, yaitu studi yang dilakukan dengan menyelidiki suatu masalah dan menyelidiki masalah keperawatan dengan menggunakan batasan – batasan yang rinci, dan untuk memahami data serta menggabungkan berbagai sumber pengalaman dan informasi. Peneliti menggunakan 3 kasus pasien hemoragik dengan perfusi serebral tidak efektif. Hasil : Analisis intervensi pemberian posisi headup 30o terbukti memberikan pengaruh baik dan signifikan terhadap peningkatan tingkat kesadaran kepada 3 pasien. Kesimpulan : Setelah menguraikan mengenai proses keperawatan kepada 3 pasien maka kesimpulannya adalah pasien terjadi peningkatan dalam tingkat kesadarannya setelah diberikan posisi yang telah diberikan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Profession Education)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Divisions: Faculty of Health > Nurse Profession Education
Depositing User: Fawzi Nurrahman
Date Deposited: 07 Aug 2023 01:20
Last Modified: 07 Aug 2023 01:20
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18865

Actions (login required)

View Item View Item