Ardillah, Zaki Nasiatul (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (448kB) | Preview |
|
Text
1.HALAMAN SAMPUL.pdf Download (50kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (167kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (284kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (746kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini diantaranya masih banyak siswa yang kesulitan dalam mempelajari matematika sehingga mengakibatkan hasil belajar matematika rendah. Disamping itu, sebagian besar guru masih menggunakan pembelajaran yang menekankan siswa untuk mengingat dan menghafal. Padahal belajar matematika tidak hanya sebatas itu, siswa harus benar-benar memahami konsep matematika secara mendalam. Masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) daripada siswa yang diajar menggunakan metode ceramah pada sub pokok bahasan prisma kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2107?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep matematika siswa yang diajar mnggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) daripada siswa yang diajar menggunakan metode ceramah pada sub pokok bahasan prisma. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Jember pada 31 Maret-11 April 2017. Subjek penelitian sebanyak 50 siswa dari dua kelas yaitu kelas VIII C (kelas kontrol) dan VIII D (kelas eksperimen). Kelas eksperimen diajar menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) sedangkan kelas kontrol diajar menggunakan metode ceramah. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya yaitu, tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil post-test diketahui bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikan 0,004. Siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) memiliki rata-rata lebih tinggi (57,41) dibanding siswa yang diajar menggunakan metode ceramah (46). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap pemahaman konsep matematika siswa pda pokok bahasan prisma kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Jember tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW), Pemahaman Konsep Matematika, Prisma |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) |
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined] |
Depositing User: | Hendri UF |
Date Deposited: | 20 Jun 2019 03:11 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 09:51 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1890 |
Actions (login required)
View Item |