Evaluasi Tebal Perkerasaan dengan Metode Bina Marga Tahun 1987 dan 2013 (study kasus: Jalan Blater, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember)



Santoso, Danu (2023) Evaluasi Tebal Perkerasaan dengan Metode Bina Marga Tahun 1987 dan 2013 (study kasus: Jalan Blater, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 0. PENDAHULUAN.pdf] Text
0. PENDAHULUAN.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of ABSTRAK1.pdf] Text
ABSTRAK1.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 1. BAB I.pdf] Text
1. BAB I.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 2. BAB II.pdf] Text
2. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB) | Request a copy
[thumbnail of 3. BAB III.pdf] Text
3. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of 4. BAB IV.pdf] Text
4. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB V.pdf] Text
5. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of jurnal.pdf] Text
jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only until 2028.

Download (314kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak
Secara umum penyebab kerusakan jalan yang terjadi didaerah Kabupaten Jember ada berbagai penyebab yakni umur rencana jalan yang telah dilewati, beban lalu lintas berulang yang berebihan (overloaded) yang menyebabkan umur pakai jalan lebih pendek dari perencanaan. Disisi lain, faktor ekonomi penting juga untuk mengetahui perkerasan lentur beserta pemeliharaannya,
Dari hasil analisa dan pembahasan untuk hasil survey dan perhitungan volume lalu lintas perkerasan menurut Bina Marga 1987 didapatkan hasil D1 = 7,65 cm, D2 =20 cm, dan D3 = 20 cm, jenis struktur perkerasan menurut manual desain perkerasan jalan 1987 (Bina Marga 1987) dengan tebal = 47,65 cm. Untuk hasil survey dan perhitungan volme lalu lintas perkerasan Bina Marga 2013 didapatkan hasil HRS WC = 3 cm, HRS Base = 3,5 cm, LPA Kelas A = 15 cm, dan LPA Kelas B = 15 cm, untuk tebal perkerasan pada metode Bina Marga 2013 didapatkan 36, 50 cm. Selisih tebal perkerasan metode Bina Marga 1987 dan 2013 adalah 11, 15 cm. Untuk hasil dari analisa kelayakan finansial sendiri didapatkan hasil total Rp. 1.181.200,00.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Abadi, Taufan
nidn0710096603
UNSPECIFIED
Gunasti, Amri
nidn0009078001

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Perkerasaan Lentur, Bina Marga 1987 dan 2013
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: Danu Santoso | danusantoso24@gmail.com
Date Deposited: 08 Aug 2023 01:24
Last Modified: 08 Aug 2023 01:24
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18919

Actions (login required)

View Item View Item