Kebijakan Pemerintah Desa Gumirih Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi dalam Pencegahan Penyalahgunaan Dana Desa berdasarkan Undang-Undang No 6 Tahun 2014 Tentang Desa

Vidya, Windi Rahayu (2023) Kebijakan Pemerintah Desa Gumirih Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi dalam Pencegahan Penyalahgunaan Dana Desa berdasarkan Undang-Undang No 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (695kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (409kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)
[img] Text
8. ARTIKEL.pdf

Download (679kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Kebijakan Pemerintah Desa Gumirih Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi dalam Pencegahan Penyalahgunaan Dana Desa. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian empiris dengan pendekatan kualitatif yaitu metode penelitian hukum yang berfungsi untuk melihat hukum dalam arti nyata dan meneliti bagaimana bekerjanya hukum dilingkungan masyarakat. Desa merupakan entitas pemerintahan terkecil yang berbeda dari daerah, Dalam konteks ini kepala desa mempunyai kekuatan yang lebih besar daripada elemen lain untuk mencegah penyalahgunaan dana desa tersebut. Kebijakan Pemerintah Desa Gumirih Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi telah sejalan dengan amanat undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Mulai dari tahap perencanaan, pelaksnaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban pembangunan kepada masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Desa Gumirih telah memenuhin kriteria transparan dan bertanggungjawab yang artinya dapat diketahui oleh seluruh masyarakat. Pelaksanaan kegiatan dana desa berpedoman pada pedoman teknis yang ditetapkan oleh Bupati/walikota yang telah dianggarkan guna membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang dituangkan dalam rencana kerja pemerintah desa. Kata kunci: Kebijakan Pemerintah, Dana Desa, Kepala Desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dana Desa
Subjects: 300 Social Science > 340 Law > 342 Constitutional and Administrative Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science (S1)
Depositing User: Vidya windi Rahayu
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:04
Last Modified: 08 Aug 2023 07:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18945

Actions (login required)

View Item View Item