Sistem Pemanenan Air Hujan Sebagai Alternatif Mengatasi Kekeringan Di Perumahan Safira Garden Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember

Lailyasari, Fahira Dwi (2023) Sistem Pemanenan Air Hujan Sebagai Alternatif Mengatasi Kekeringan Di Perumahan Safira Garden Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (713kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (693kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Hujan adalah salah satu gejala alam yang terjadi dalam siklus hidrologi dan yang sangat dipengaruhi oleh iklim. Air hujan sangat memberikan banyak manfaat untuk mengisi sumber kebutuhan air guna keperluan pertanian, domestik maupun industri, namun apabila suatu air hujan tersebut tidak dapat dikelola dengan baik dapat juga menimbulkan sebuah dampak negatif yang akan terjadi. Curah hujan termasuk bagain komponen terpenting dalam sistem pemanenan air hujan. Sistem pemanenan air hujan yang diintegrasikan dengan sumur resapan ini merupakan salah satu upaya menghindari permasalahan kekeringan tersebut. Salah satu alasan pentingnya sistem pemanenan air hujan untuk konservasi air yaitu meningkatnya permintaan air menyebabkan peningkatan ekstraksi air tanah sehingga mengurangi cadangan air tanah. Pengumpulan data didapat melalui survei langsung ke lokasi penelitian dan intansi terkait. Selanjutnya dilakukan perencanaan teknis atau desain bangunan Pemanenan Air Hujan dengan sumur resapan meliputi bangunan penampungan atau pemanenan air hujan (rainwater harvesting) dan peresapan air hujan ke sumur resapan pada setiap rumah. Penelitian ini menganalisa penerapan sistem pemanenan air hujan (rainwater harvesting) dengan menggunakan sumur resapan, dengan tujuan untuk mengetahui volume air hujan yang dapat ditampung dalam sistem pemanenan air hujan serta biaya yang dibutuhkan dalam sistem pemanenan air hujan. Daerah aliran sungai (DAS) kawasan Safira Garden Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember ini memiliki luas 16 hektare atau 0,16 km2. Hasil penelitian menunjukkan untuk volume air hujan yang dapat ditampung dalam sistem pemanenenan air hujan pada Perumahan Safira Garden yaitu yang tertampung dalam sumur resapan seluruh rumah sebesar 66.04 m3 dan untuk volume total pada kolam tampungan sebesar 5303.36 m3. Pembiayaan untuk sistem pemanenan air hujan diperkirakan Rp. 9.253.000,00 untuk sarana-sarana pemanfaatan air hujan dengan sumur resapan dan tempat penyimpanan air hujan yang dilengkapi dengan pompa air untuk memberikan tekanan keatas serta filter air untuk menyaring air hujan sebelum dimanfaatkan untuk kebutuhan domestik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem pemanenan air hujan, sumur resapan, volume tampungan
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Department: S1 Teknik Sipil
Depositing User: Fahira Dwi Lailyasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDRizal, Nanang SaifulNIDN0705047806
UNSPECIFIEDGaluh, Senki DestaNIDN0703129003
Contact Email Address: fahiradwil18@gmail.com
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:46
Last Modified: 09 Aug 2023 07:46
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18963

Actions (login required)

View Item View Item