PENGARUH KINERJA PEGAWAI DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT MELALUI KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Study pada UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Jember)
ASYIDIQ, MOHAMAD MADYA (2023) PENGARUH KINERJA PEGAWAI DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT MELALUI KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Study pada UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Jember). Masters thesis, universitas muhammadiyah jember.
![]() |
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (608kB) |
![]() |
Text
C. BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (876kB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (780kB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) | Request a copy |
![]() |
Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (733kB) |
![]() |
Text
I. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (799kB) | Request a copy |
Abstract
ii
ABSTRAK
Dalam era yang semakin maju dan berkembangnya teknologi informasi,
pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan telah membawa dampak
signifikan, termasuk dalam sektor pelayanan publik. Dalam konteks ini, kinerja
pegawai dan penggunaan teknologi informasi memainkan peran penting dalam
memberikan kualitas pelayanan yang baik kepada masyarakat. Kinerja pegawai
yang baik di organisasi pelayanan sangat mempengaruhi kepuasan masyarakat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara langsung maupun tidak
langsung pengaruh kinerja pegawai dan penggunaan teknologi informasi terhadap
kepuasan masyarakat melalui kualitas pelayanan sebagai variabel intervening
pada UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten
Jember. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 230 responden dengan
menggunakan rumus Hair. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM dengan
menggunakan WarpPLS 7.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) kinerja
pegawai dan penggunaan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan
secara parsial terhadap kualitas pelayanan, (2) kinerja pegawai, penggunaan
teknologi informasi, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan
secara parsial terhadap kepuasan masyarakat, (3) kinerja pegawai dan penggunaan
teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap
kepuasan masyarakat melalui kualitas pelayanan sebagai variabel intervening.
Kata kunci: kinerja pegawai, penggunaan teknologi informasi, kepuasan
masyarakat, kualitas pelayananiii
ABSTRACT
In an era of increasingly advanced and developing information technology, the
use of technology in various aspects of life has had a significant impact, including
in the public service sector. In this context, employee performance and the use of
information technology play an important role in providing good quality service
to the community. Good employee performance in service organizations greatly
influences community satisfaction. The purpose of this study was to determine
directly or indirectly the effect of employee performance and the use of
information technology on community satisfaction through service quality as an
intervening variable at the UPTD Motorized Vehicle Testing Department of
Transportation, Jember Regency. The number of samples in this study were 230
respondents using the Hair formula. The analysis technique used is SEM using
WarpPLS 7.0. The results of the data analysis show that (1) employee
performance and the use of information technology have a partial positive and
significant effect on service quality, (2) employee performance, information
technology use, and service quality have a partial positive and significant effect
on community satisfaction, (3) employee performance and the use of information
technology have a positive and significant partial effect on community satisfaction
through service quality as an intervening variable.
Keywords: employee performance, use of information technology, community
satisfaction, service quality
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingThamrin, MohammadNIDN8931510021Dosen PembimbingMartini, Ni Nyoman PutuNIDN0708036701
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | kinerja pegawai, penggunaan teknologi informasi, kepuasan masyarakat, kualitas pelayanan |
Subjects: | 300 Social Science > 330 Economics > 332 Financial Economics, Finance |
Divisions: | Graduate School > Magister Management (S2) |
Depositing User: | MOHAMAD MADYA ASYIDIQ | madyaasyidiq@gmail.com |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 01:45 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 01:45 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19398 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |