RANCANG BANGUN PROTOTYPE SMART GREENHOUSE BERBASIS IOT UNTUK MENGONTROL PERTUMBUHAN TANAMAN BAWANG MERAH(Allium Ascalonicum L)

Yaqin, Muhammad Brian Fatkhul (2023) RANCANG BANGUN PROTOTYPE SMART GREENHOUSE BERBASIS IOT UNTUK MENGONTROL PERTUMBUHAN TANAMAN BAWANG MERAH(Allium Ascalonicum L). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Bawang merah(Allium Cepa L) berguna sebagai penyedap masakaan Bawang Merah menjadi komoditas yang andal dimasyarakat Jember dengan varietas biru lancor (Allium Ascalonicum L). Bertambahnya penduduk penggunaan Bawang Merah meningkat pertahunnya, sehingga petani harus meningkatkan produksi Bawang Merah dalam aspek kuantitas dan kualitas. Sering kali, petani bawang merah dihadapkan pada beberapa masalah yang muncul contohnya adalah pengaruh cuaca yang ekstrim berdampak pada pertumbuhan tanaman bawang merah. Hal ini dikarenakan penanaman yang bagus berada pada bulan april dan oktober dengan cuaca yang tentunya bagus. Keberhasilan penanaman bawang merah ada beberapa faktor diantaranya menjaga suhu, kelembaban tanah, pemberian nutrisi juga pemberian obat (Fungisida). Perkembangan teknologi yang dapat digunakan dalam berbagai sektor, termasuk pembuatan greenhouse untuk sistem monitoring dan kontrol sebagai pengendali pertumbuhan tanaman bawang merah. Hadirnya inovasi ini diharapkan dapat membantu melakukan aktivitas penyemprotan otomatis, pengairan , pemberian obat dengan memanfaatkan sistem aplikasi yang berbasis Internet of Thing, melakukan pengontrolan suhu sekaligus bisa ditanam diberbagai musim. Komponen yang dipakai pada sistem ini menggunakan mikrokontrol Arduino dan ESP32 dengan sensor Dht22 sebagai pengatur suhu, kontrol kelembaban tanah dengan sesnsor soil moisture Yl-69, dan juga sensor pH tanah guna mengontrol nutrisi yang ada pada tanah. penjadwalan penyemprot digunakan RTC DS3231 sekaligus pemberian obat yang menggunakan servo sg-90 dengan seluruh data yang dapat diakses melalui aplikasi Blynk. Untuk sistem ini sangat baik diterapkan pada tanaman bawang merah karena greenhouse menjaga suhu dan kelembaban pada tanaman menjadi terjaga. Alat ini dapat memantau kelembaban, suhu, pemberian obat, dan Ph tanah sehingga tidak perlu bingung melakukan serba manual dan takut akan perubahan cuaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tanaman Bawang Merah, Sensor Suhu DHT 22, Soil Moisture, Sensor Ph tanah, Greenhouse, IoT
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering (S1)
Department: S1 Teknik Elektro
Depositing User: Muhammad Brian Fatkhul Yaqin
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorRintyarna, Bagus Setyanidn0729017904
Thesis advisorAuliq, Muhammad Aannidn0715108701
Thesis advisorSeytawan, Herrynidn0018075801
Contact Email Address: briyanambulu88@gmail.com
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:41
Last Modified: 22 Aug 2023 03:41
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19452

Actions (login required)

View Item View Item