ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN YANG MENGALAMI HIDROSEFALUS DENGAN RISIKO PERFUSI SEREBRAL TIDAK EFEKTIF DI RUANG MELATI RSD dr. SOEBANDI JEMBER

Nadhif, Maddadillah (2023) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN YANG MENGALAMI HIDROSEFALUS DENGAN RISIKO PERFUSI SEREBRAL TIDAK EFEKTIF DI RUANG MELATI RSD dr. SOEBANDI JEMBER. Profession Education thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (830kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (510kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (633kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (835kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (720kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB) | Request a copy

Abstract

Pendahuluan : Hidrosefalus merupakan Kondisi medis yang ditandai oleh penumpukan cairan di dalam rongga otak, yang mengakibatkan peningkatan tekanan pada jaringan otak, terjadinya gangguan antara produksi cairan dan penyerapannya. Cairan serebrospinal yang menumpuk menyebabkan peningkatan TIK, pada bayi akan terjadi pembesaran kepala dan pada dewasa dapat menyebabkan penekanan pada batang otak seingga dapat terjadi risiko perfusi serebral tidak efektif. Oleh karena itu untuk meminimalkan peningkatan TIK diperlukan sebuah asuhan keperawatan yang bertujuan menurunkan tekanan intrakranial. Metode : desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus dengan membandingkan 3 pasien yang mengalami hidrosefalus dengan masalah keperawatan risiko perfusi serebral tidak efektif. Hasil : berdasarkan hasil pada asuhan keparawatan pada ketiga klien terdapat perkembangan yang ditandai dengan keluhan yang sedikit berkurang serta produksi Ekstraventrikular Drainage (EVD) yang cukup stabil. Analisis : Teknik analisis yang digunakan mengguanakan metode pendekatan berupa wawancara, observasi dan pemeriksaan fisik. Pembahasan : Asuhan keperawatan pada pasien hidrosefalus pada dasarnya dilakukan untuk menstabilkan Tekanan Intra Kranial (TIK), dimana pada rerata kasus hidrosefalus sendiri terdapat beberapa diagnosis keperawatan yang sering muncul salah satunya risiko perfusi serebral tidak efektif yang berhubungan dengan faktor risiko pada pasien hidrosefalus. Pada ketiga klien dengan hidrosefalus ini peneliti melakukan asuhan keperawatan dengan memberikan sebuah intervensi dengan salah satu tindakan keperawatan yaitu Head Up 30 derajat pada pasien hidrosefalus.

Item Type: Thesis (Profession Education)
Uncontrolled Keywords: Hidrosefalus, Head UP 30 derajat, Head Flat, Risiko Perfusi Serebral Tidak Efektif
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Depositing User: Maddadillah Nadhif
Date Deposited: 23 Aug 2023 01:48
Last Modified: 23 Aug 2023 01:48
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19482

Actions (login required)

View Item View Item