PENGEMBANGAN APLIKASI GAME FLASHCARD PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS BERBASIS ANDROID DENGAN ALGORITMA FISHER-YATES SHUFFLE



Ramadhani, Calvin Bahtiar (2023) PENGEMBANGAN APLIKASI GAME FLASHCARD PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS BERBASIS ANDROID DENGAN ALGORITMA FISHER-YATES SHUFFLE. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of a. PENDAHULUAN.pdf] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of b. ABSTRAK.pdf] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of c. BAB I.pdf] Text
c. BAB I.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of d. BAB II.pdf] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[thumbnail of e. BAB III.pdf] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB) | Request a copy
[thumbnail of f. BAB IV.pdf] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB) | Request a copy
[thumbnail of g. BAB V.pdf] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of h. DAFTAR Pustaka.pdf] Text
h. DAFTAR Pustaka.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of i. Lampiran.pdf] Text
i. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy

Abstract

Pengenalan kosakata Bahasa Inggris pada anak usia dini dengan menerapkan metode pendekatan permainan yang menggabungkan konsep permainan dan pembelajaran menggunakan media flashcard. Flashcard tersebut memuat gambar dan kosakata yang digunakan untuk membantu dan mengingat dalam menambah kosakata Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan merancang dan mengembangan aplikasi game flashcard berbasis android sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan Unity sebagai game engine dan menerapkan algoritma Fisher-Yates Shuffle untuk sistem pengacakan kartu flashcard. Metode pengembangan yang digunakan adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari 6 tahapan yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Hasil pengujian aplikasi menggunakan metode blackbox yang menunjukkan bahwa aplikasi berjalan sesuai dengan yang diharapankan. Validasi oleh para ahli menunjukkan tingkat validitas sebesar 91,10% untuk aspek media dan 96,92% untuk aspek materi. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi telah menerima validasi yang positif dari para ahli dalam bidang media dan materi pembelajaran. Selanjutnya, hasil User Acceptance Testing (UAT) menunjukkan persentase keseluruhan sebesar 86%,. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi game flashcard sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi anak usia dini.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Yanuarti, Rosita
NIDN0629018601
Dosen Pembimbing
Saifudin, Ilham
NIDN0731108903

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Android, unity game engine, fisher-yates shuffle, MDLC, User Acceptance Test (UAT).
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Calvin Bahtiar Ramadhani | calvinbahtiars56@gmail.com
Date Deposited: 25 Aug 2023 01:16
Last Modified: 25 Aug 2023 01:16
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19626

Actions (login required)

View Item View Item