HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN SELF-DISCLOSURE MENGENAI PERISTIWA TIDAK MENYENANGKAN PADA REMAJA

Agatha, Sarah Dessy (2023) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN SELF-DISCLOSURE MENGENAI PERISTIWA TIDAK MENYENANGKAN PADA REMAJA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (934kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
10. ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Self-disclosure adalah proses komunikasi dimana individu mengungkapkan informasi mengenai dirinya kepada orang lain, yang mana informasi tersebut adalah informasi intim yang tidak biasanya diberikan kepada orang lain secara umum (Wheeless & Grotz, 1976). Self-disclosure mengenai peristiwa tidak menyenangkan memiliki peranan dalam mengatasi tekanan dan bermanfaat dalam membantu mengatasi kecemasan yang terjadi akibat perubahan-perubahan pada periode perkembangan remaja. Self-disclosure dapat terwujud apabila terdapat dukungan sosial yang positif, sehingga dukungan sosial dari teman sebaya menjadi salah satu prediktor remaja dalam kesediaannya melakukan pengungkapan diri. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan self-disclosure mengenai peristiwa tidak menyenangkan pada remaja. Desain penelitian menggunakan metode kuantitatif-korelasional. Populasi merupakan remaja SMK PGRI Wlingi dengan rentang usia 15-18 tahun. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportionate stratified sampling dengan jumlah sampel sebanyak 301 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan Skala Dukungan Sosial Teman Sebaya (22 aitem; α = 0.740) dan Skala Self-Disclosure Peristiwa Tidak Menyenangkan (14 aitem; α = 0.853). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara dukungan sosial dan self-disclosure mengenai peristiwa tidak menyenangkan yang dilakukan oleh remaja (r = 0,483 ; p = <0,05). Hasil ini memberikan gambaran bahwa semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya tersedia, maka semakin tinggi pula self-disclosure terkait peristiwa tidak menyenangkan akan dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial, Self-Disclosure, Remaja
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: Sarah Dessy Agatha
Date Deposited: 30 Aug 2023 05:59
Last Modified: 30 Aug 2023 05:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19732

Actions (login required)

View Item View Item