(SIMILARITY) PROTOTYPE OPTIMALISASIISUHU PADA AUTOCLAVEEBERBASIS OUTSEAL PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL ( PLC ) DENGAN MENGGUNAKAN HUMAN MACHINE INTERFACE (HMI)

Trapsilo Rochim, Yachya and Setyawan, Herry and Setya Rintyarna, Bagus and Fitriana, Fitriana (2023) (SIMILARITY) PROTOTYPE OPTIMALISASIISUHU PADA AUTOCLAVEEBERBASIS OUTSEAL PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL ( PLC ) DENGAN MENGGUNAKAN HUMAN MACHINE INTERFACE (HMI). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Primakara.

[img] Text
3 Cek plagiasi_Prototype optimalisasi suhu fix.pdf

Download (913kB)

Abstract

Pada industri pengalengan ikan sarden di muncar, terdapat sterilizer machine berupa autoclave yang berfungsi untuk mensterilkan kemasan ikan sarden yang berupa kaleng. Pensterilan ini dilakukan menggunakan suhu tinggi yaitu 120C dengan tujuan agar olahan ikan terbebas dari bakteri. Pengoperasian autoclave pada industri pengalengan ikan di muncar ini masih dilakukan secara manual, Hal ini menyebabkan sering kali terjadi kelebihan suhu pada saat proses setrilisasi sehingga olahan ikan menjadi rusak. Berdasarkan hal tersebut maka pada penelitian ini dilakukan perancangan prototipe optimalisasi suhu pada autoclave berbasis Outseal Programmable Logic Control (PLC) dengan menggunakan Human Machine Interface ( HMI ) sebagai kontrol sistem. Sensor yang digunakan sebagai pendeteksi suhu autoclave yaitu sensor thermocouple kapasitif dan induktif. Alat ini juga menggunakan HMI sebagai sistem monitoring yang terhubung pada aplikasi smartphone yang dapat menurunkan suhu saat terjadi kelebihan suhu. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan tombol emergency stop yang berfungsi untuk menghentikan mesin ketika terjadi kerusakaan. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, keberhasilan thermocouple dalam melakukan pendeteksian suhu adalah sebesar 100% dan tingkat keberhasilan untuk pembuangan uap secara otomatis mengunakan sensor solenoid adalah 100%.

Item Type: Peer Review
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering (S1)
Depositing User: Bagus Setya Rintyarna
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:40
Last Modified: 31 Aug 2023 03:40
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19741

Actions (login required)

View Item View Item