Alih Fungsi Lahan Perswahan Menjadi Perumahan Di Kabupaten Jember Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Jember Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Jember Tahun 2015-2035

Santoso, M. Iqbal Sun’an (2023) Alih Fungsi Lahan Perswahan Menjadi Perumahan Di Kabupaten Jember Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Jember Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Jember Tahun 2015-2035. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (396kB)
[img] Text
3. BAB I..pdf

Download (484kB)
[img] Text
4. BAB II..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (417kB)

Abstract

Indonesia sebagai negara agraris merupakan negara yang kaya di bidang pertanian. Tanah merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan sehari 83 hari, fungsi utama tanah adalah sebagai tempat tinggal, selain itu tanah dapat digunakan sebagai perkebunan, industri dan masih banyak kegunaan lainnya seperti fungsi sosial. Seiring dengan semakin padatnya permukiman dan banyaknya lahan yang diubah menjadi perumahan dan pemukiman, jumlah lahan semakin berkurang, permasalahan yang timbul akibat kegiatan alih fungsi lahan sangat memprihatinkan, sehingga kasus ini sangat memprihatinkan. Pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan perundang-undangan, dan konseptual dengan jenis penelitian yuridis normatif. Alih Fungsi Lahan Persawahan Menjadi Perumahan Di Kabupaten Jember Bersdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Jember Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Jember Tahun 2015-2035 Kabupaten Jember merupakan salah satu wilayah administratif Provinsi Jawa Timur. Sebagian besar wilayah Kabupaten Jember merupakan dataran rendah, dengan ketinggian tanah rata-rata 83 meter diatas permukaan laut dan merupakan daerah yang cukup subur dan sangat cocok untuk pengembangan komoditi pertanian dan perkebunan, sehingga dikenal sebagai daerah atau lumbung pangan dan penghasil devisa negara sektor pertanian di Propinsi Jawa Timur. Namun lahan pertanian di Kabupaten Jember telah mengalami banyak perubahan yang ditandai dengan semakin menyempitnya lahan pertanian. Penyempitan lahan pertanian di Kabupaten Jember dikarenakan adanya pembangunan perumahan yang semakin bertambah tiap tahunnya. Alih fungsi lahan di daerah pertanian tidak hanya mengakibatkan pada hasil padi saja, namun banyak produksi lain yang harus dikorbankan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Alih Fungsi Lahan
Subjects: 300 Social Science > 340 Law
300 Social Science > 340 Law > 342 Constitutional and Administrative Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science (S1)
Depositing User: M. Iqbal Sun’an Santoso
Date Deposited: 27 Sep 2023 06:13
Last Modified: 27 Sep 2023 06:14
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19989

Actions (login required)

View Item View Item