(Similarity + Document) Implementasi Aplikasi SIKAWAN Pada Surat Keluar Di Desa Karetan Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi (Studi di Desa Karetan, Kecamatan Purwoharjo)

Oktantri, Adinda Anggraeni and Angin, Ria (2022) (Similarity + Document) Implementasi Aplikasi SIKAWAN Pada Surat Keluar Di Desa Karetan Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi (Studi di Desa Karetan, Kecamatan Purwoharjo). TRILOGI.

[img] Text
1.pdf

Download (362kB)
[img] Text
11.pdf

Download (395kB)

Abstract

Inovasi teknologi yang semakin berkembang di Indonesia menjadikan semua sektor berupaya mengalihkan pelayanan dari manual ke digital atau eletronik, salah satunya pada pemerintahan yang disebut dengan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik). Upaya yang dilakukan bertujuan untuk menjadikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien. Aplikasi SIKAWAN merupakan bentuk SPBE di bidang persuratan yang ada di Kabupaten Banyuwangi dan sudah di terapkan hingga pemerintahan desa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi aplikasi SIKAWAN pada surat keluar di desa Karetan kecamatan Purwoharjo kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi aplikasi SIKAWAN pada surat keluar dengan fasilitas tanda tangan elektronik memberikan perubahan pelayanan menjadi lebih baik. Indikator keberhasilan implementasi didasarkan pada faktor kesiapan aparatur, kelancaran implementasi dan kinerja. Kantor Desa Karetan sudah berhasil mengimplementasikan kebijakan tersebut. Namun, pengimplementasiannya kurang maksimal dikarenakan masih menggunakan aplikasi lain untuk mengirim surat

Item Type: Peer Review
Subjects: 300 Social Science > 350 Public Administration and Military Science > 351 Public Administration
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Government Science (S1)
Depositing User: Ria Angin
Date Deposited: 07 May 2024 06:36
Last Modified: 07 May 2024 06:37
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/20821

Actions (login required)

View Item View Item