(Similarity + Document) Formulasi Kebijakan Program Banyuwangi Hijau, dalam Mewujudkan Pengelolaan Sampah Berkelanjutan (Studi di Desa Bunder, Kecamatan Kabat)

Wafa, Ali and Angin, Ria (2024) (Similarity + Document) Formulasi Kebijakan Program Banyuwangi Hijau, dalam Mewujudkan Pengelolaan Sampah Berkelanjutan (Studi di Desa Bunder, Kecamatan Kabat). JURNAL PEMERINTAHAN DAN POLITIK.

[img] Text
2.pdf

Download (678kB)
[img] Text
22.pdf

Download (702kB)

Abstract

Tingginya volume sampah di Kabupaten Banyuwangi yang mencapai 1.245 Ton di setiap harinya, menjadi ancaman serius dan perlu diperhatikan melalui program alternatif pengelolaan sampah. Sampah rumah tangga dan rendahnya kesadaran masyarakat, sangat berkontribusi besar penyumbang tumpukan sampah. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui program Banyuwangi hijau, diharapkan menjadi solusi paling mutakhir untuk penanganan sampah yang berkelanjutan. Tujuan Penelitian: Mengetahui bagaimana formulasi kebijakan program Banyuwangi hijau, di lingkungan Pemerintah Desa Bunder, Kecamatan Kabat. Metode Penelitian: Menggunakan metode kualitatif, dengan melakukan kegiatan survei lapangan dan wawancara mendalam terhadap aktor yang berperan secara aktif dalam program Banyuwangi Hijau, dan dokumen pemicuan program yang menjelaskan partisipasi masyarakat Desa Bunder. Hasil Penelitian: Program Banyuwangi hijau merupakan program yang sangat murah dan keberpihakan, sehingga mendapatkan partisipasi masyarakat yang tinggi, mendapatkan subsidi dari APBD Kabupaten Banyuwangi & hasil penjualan pemilahan sampah, serta program diatur secara mandiri dalam dua Peraturan Desa Bunder yang disusun bersama-sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), serta BUMDes sebagai badan yang menagih iuran dan memberikan layanan.

Item Type: Peer Review
Subjects: 300 Social Science > 320 Political dan Government Science > 323 Civil Rights
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Government Science (S1)
Depositing User: Ria Angin
Date Deposited: 07 May 2024 06:45
Last Modified: 07 May 2024 06:46
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/20822

Actions (login required)

View Item View Item