PROTOTIPE PENGHITUNG POIN TENDANGAN PADA BODY PROTECTOR OLAHRAGA KARATE MENGGUNAKAN SENSOR BERAT BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

Kurniawan, Baihaqi Ardi (2024) PROTOTIPE PENGHITUNG POIN TENDANGAN PADA BODY PROTECTOR OLAHRAGA KARATE MENGGUNAKAN SENSOR BERAT BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (8MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (83kB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] Text
9. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy

Abstract

Karate adalah salah satu jenis bela diri di mana kekuatan dan teknik tendangan yang tepat sangat penting. Karena keterbatasan dalam mengidentifikasi dan merekam tendangan dengan tepat, penilaian poin dalam kompetisi karate sering menjadi topik pembicaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat prototipe penghitung poin tendangan yang terintegrasi dalam body protektor yang menggunakan sensor berat berbasis Internet of Things (IoT). Teknik yang digunakan termasuk implementasi sistem IoT untuk mengirimkan data ke platform pengamatan secara real-time, pengujian sensor berat untuk mengukur intensitas dan arah tekanan yang dihasilkan oleh tendangan, dan pengembangan algoritma untuk menganalisis data yang dihasilkan oleh sensor. Metode ini memungkinkan perhitungan yang akurat terhadap intensitas tendangan dan lokasi tendangan pada tubuh protektor, yang membantu menghitung poin dalam kompetisi karate yang lebih objektif. Pengujian melibatkan simulasi tendangan yang dibuat oleh atlet karate dengan berbagai tingkat kekuatan dan teknik. Hasil pengujian system prototipe ini memiliki keberhasilan kinerja alat 100% sehingga dapat dijelaskan bahwa prototipe dapat mendeteksi dan merekam tendangan dengan sangat akurat nilai keasalahan error hasil deteksi sensor sebesar 2,46% menunjukkan penggunaan sensor berat berbasis IoT pada tubuh protektor karate dapat meningkatkan keadilan dan objektivitas dalam penilaian poin dalam kompetisi karate.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Karate, body protector, sensor berat,internet of things, penghitung poin tendangan
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 680 Manufacture of Products for Specific Uses > 688 Model and Miniatures Products
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electronics Engineering (S1)
Depositing User: BAIHAQI ARDI KURNIAWAN
Date Deposited: 29 May 2024 01:38
Last Modified: 29 May 2024 01:38
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/20977

Actions (login required)

View Item View Item