Hubungan Kualitas Pelayanan Poskestren Dengan Kepuasan Santri di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember



Riski, Apriani (2024) Hubungan Kualitas Pelayanan Poskestren Dengan Kepuasan Santri di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (473kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. BAB VII.pdf] Text
9. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB) | Request a copy
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (705kB)
[thumbnail of 11. LAMPIRAN.pdf] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pondok Pesantren Nurul Islam Jember merupakan salah satu pondok
pesantren Shalaf yang ada di Kabupaten Jember. Pondok Pesantren Shalaf
merupakan pondok pesantren yang bersifat modern yang juga memberikan
pengetahuan umum dan bekal kewirausahaan disamping pengajaran agama islam
yang diterapkan dalam kurikulumnya. Dilatarbelakangi oleh pemahaman bahwa
pelayanan kualitas fasilitas poskestren memiliki peran penting bagi lembaga di
pesantren untuk menciptakan lingkungan pesantren yang baik sehingga dapat
meningkatkan kepuasan santri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahu Hubungan
Kualitas Pelayanan Poskestren Dengan Kepuasan Santri Di Pondok Pesantren Nurul
Islam Jember. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasi dengan
pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini yaitu santri kelas 8 seejumlah
100 santri dan diambil sampel sebnayak 80 santri. Teknik sampling yang
digunakan pada penelitian ini yaitu simple random sampling. Hasil dari penelitian
ini menunjukkan kualitas pelayanan poskestren di Pondok Pesantren Nurul Islam
Jember dalam kualitas baik. Sedangkan kepuasan santri di Pondok Pesantren
Nurul Islam Jember pelayanan yang diberikan oleh pondok pesantren yaitu baik.
Hasil uji Spearman Rho diperoleh p value 0,019 < 0,05 dengan r hitung 0,263
yang termasuk kedalam kategori rendah (0,20-0,399). Dengan demikian H1
diterima yang berarti ada hubungan kualitas pelayanan poskestren dengan
kepuasaan santri di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember. Kualitas dan kepuasan
apabila selalu dijaga untuk menunjang pondok pesnatren lebih baik lagi dapat
memberikan rasa puas pada santri dan santri menjadi betah di area pondok
pesantren tersebut.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Poskestren, poskestren, kepuasan santri

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Asmuji, Asmuji
NIDN0015067201
Dosen Pembimbing
Rhosma Dewi, Sofia
nidn0724128403

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Poskestren, poskestren, kepuasan santri
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Riski Apriani | prnriski@gmail.com
Date Deposited: 31 May 2024 07:35
Last Modified: 31 May 2024 07:35
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21006

Actions (login required)

View Item View Item