Hubungan Kualitas Pelayanan Poskestren Dengan Kepuasan Santri di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember
Riski, Apriani (2024) Hubungan Kualitas Pelayanan Poskestren Dengan Kepuasan Santri di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (473kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) | Request a copy |
![]() |
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (705kB) |
![]() |
Text
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pondok Pesantren Nurul Islam Jember merupakan salah satu pondok
pesantren Shalaf yang ada di Kabupaten Jember. Pondok Pesantren Shalaf
merupakan pondok pesantren yang bersifat modern yang juga memberikan
pengetahuan umum dan bekal kewirausahaan disamping pengajaran agama islam
yang diterapkan dalam kurikulumnya. Dilatarbelakangi oleh pemahaman bahwa
pelayanan kualitas fasilitas poskestren memiliki peran penting bagi lembaga di
pesantren untuk menciptakan lingkungan pesantren yang baik sehingga dapat
meningkatkan kepuasan santri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahu Hubungan
Kualitas Pelayanan Poskestren Dengan Kepuasan Santri Di Pondok Pesantren Nurul
Islam Jember. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasi dengan
pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini yaitu santri kelas 8 seejumlah
100 santri dan diambil sampel sebnayak 80 santri. Teknik sampling yang
digunakan pada penelitian ini yaitu simple random sampling. Hasil dari penelitian
ini menunjukkan kualitas pelayanan poskestren di Pondok Pesantren Nurul Islam
Jember dalam kualitas baik. Sedangkan kepuasan santri di Pondok Pesantren
Nurul Islam Jember pelayanan yang diberikan oleh pondok pesantren yaitu baik.
Hasil uji Spearman Rho diperoleh p value 0,019 < 0,05 dengan r hitung 0,263
yang termasuk kedalam kategori rendah (0,20-0,399). Dengan demikian H1
diterima yang berarti ada hubungan kualitas pelayanan poskestren dengan
kepuasaan santri di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember. Kualitas dan kepuasan
apabila selalu dijaga untuk menunjang pondok pesnatren lebih baik lagi dapat
memberikan rasa puas pada santri dan santri menjadi betah di area pondok
pesantren tersebut.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Poskestren, poskestren, kepuasan santri
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingAsmuji, AsmujiNIDN0015067201Dosen PembimbingRhosma Dewi, Sofianidn0724128403
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Kualitas Pelayanan, Poskestren, poskestren, kepuasan santri |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics |
Divisions: | Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1) |
Depositing User: | Riski Apriani | prnriski@gmail.com |
Date Deposited: | 31 May 2024 07:35 |
Last Modified: | 31 May 2024 07:35 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21006 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |