Analisa Setting OCR terhadap Arus Gangguan pada Jaringan 150 kV di Gardu Induk Tanggul

Afiandana, Fajar Tri (2015) Analisa Setting OCR terhadap Arus Gangguan pada Jaringan 150 kV di Gardu Induk Tanggul. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

Kehidupan masyarakat modern sekarang ini sangat bergantung kepada energi listrik. Dibutuhkan energi listrik yang stabil dan berkualitas, terutama pada konsumen rumah – rumah penduduk yang menggunakan listrik dalam sehari – hari. Rendahnya kualitas energi listrik menyebabkan kinerja OCR (Over Current Relay) sangatlah kurang, akibatnya sering terjadi pemadaman jaringan listrik pada konsumen. Maka dari itu usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas energi listrik yaitu perlu melakukan setting ulang terhadap OCR. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana menganalisa setting OCR (Over Current Relay) terhadap arus gangguan pada jaringan 150 kV. Analisis ini juga dilakukan oleh Susi Irmalawati Panjaitan, dengan judul Studi Pengaruh Beban Lebih Terhadap Kinerja Relay Arus Lebih Pada Transformator Daya (studi kasus transformatordaya 1 150/20 kV (30 MVA) di Gardu Induk Batu Besar PT. PLN Batam). Dalam penelitian ini terdapat 2 tahap yaitu: Teknik Pengumpulan Data dan Teknik Pengolahan Data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa adanya gangguan arus lebih dapat berpengaruh pada respon OCR (Over Current Relay) dalam menangani suatu gangguan pada jaringan 150/20 KV.

Item Type: Article
Additional Information: Fajar Tri Afiandana (1010621004)
Uncontrolled Keywords: Transformator 150/20 kV, Over Current Relay, Gardu Induk, Kab. Jember
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 621 Applied Physics
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electronics Engineering
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 18 Jul 2019 08:49
Last Modified: 18 Jul 2019 08:49
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2109

Actions (login required)

View Item View Item