Prototipe Sistem Notifikasi Penggantian Oli dengan Jenis Oli Mineral Oli Semi Sintetik dan Sintetik Penuh pada Sepeda Motor

Wibowo, Achmad Agung (2024) Prototipe Sistem Notifikasi Penggantian Oli dengan Jenis Oli Mineral Oli Semi Sintetik dan Sintetik Penuh pada Sepeda Motor. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (715kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (688kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (862kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (684kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB) | Request a copy

Abstract

Oli digunakan untuk melumasi sparepart yang berada pada mesin kendaraan bermotor agar perfoma yang dihasilkan tetap baik. Penggantian oli pada sepeda motor merupakan hal yang paling penting dalam perawatan sepeda motor itu sendiri. Banyak dari pengguna sepeda motor terkadang sering lupa dengan servis ringan atau mengganti oli pada sepeda motor itu sendiri. Dengan adanya perangkat pengingat pergantian oli, maka dapat memudahkan pengguna untuk mengganti oli sesuai dengan waktunya. Ketika jarak yang telah diukur oleh sensor hall atau suhu mesin yang dideteksi oleh sensor DS18B20 telah mencapai batas yang ditentukan maka alarm penggantian oli pada perangkat akan berbunyi. Hal ini menandakan bahwa oli sudah seharusnya untuk diganti. Selain itu perangkat ini dapat digunakan untuk melihat kualitas oli. Pemilihan jenis oli untuk mesin kendaraan bermotor juga menjadi acuan supaya performa pada mesin tetap baik. Pengujian sistem ini memberikan hasil bahwa alat yang dirancang memiliki tingkat keberhasilan dalam memunculkan notifikasi penggantian oli pada sepeda motor matic sebesar 100%. Oli dengan jenis sintetik penuh memiliki kenaikan suhu yang lebih lama dibanding dengan oli jenis mineral atau oli semi sintetik dengan suhu tertinggi 77,06oC pada jarak 10 km. Oli sintetik penuh juga memiliki waktu kenaikan suhu yang lebih lama dibanding dengan oli mineral atau oli semi sintetik dengan waktu kenaikan suhu tertinggi sebesar 1980 sekon. Selain itu oli sintetik penuh juga tidak mudah memuai dibanding oli mineral dan oli semi sintetik dengan volume oli sebanyak 792,4 ml pada jarak 10 km. Hal ini menandakan bahwa oli sintetik penuh lebih baik digunakan untuk sepeda motor berjenis matic.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sepeda Motor, Oli Motor, Sensor Hall, Sensor DS18B20
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 629 Other Branches of Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electronics Engineering (S1)
Depositing User: Achmad Agung Wibowo
Date Deposited: 12 Feb 2024 01:32
Last Modified: 12 Feb 2024 01:32
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21134

Actions (login required)

View Item View Item