PENGARUH BENTUK PERMUKAAN PISTON RATA (FLAT) DAN PISTON CEMBUNG (DOME) TERHADAP PERFORMA MESIN DAN EMISI GAS BUANG PADA MESIN SPORT 200 CC

APRIFI, NOVAL DEFA (2024) PENGARUH BENTUK PERMUKAAN PISTON RATA (FLAT) DAN PISTON CEMBUNG (DOME) TERHADAP PERFORMA MESIN DAN EMISI GAS BUANG PADA MESIN SPORT 200 CC. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH JEMBER.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (555kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (856kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (537kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan sepeda motor sebagai alat transportasi, memicu masyarakat atau konsumen mengeluarkan inovasi dan pembaharuan terbaru. Sebagian besar masyarakat, khususnya pada kalangan anak muda melakukan modifikasi sepeda motor khususnya performa mesin dan emisi gas buang. Dalam hal ini, pergantian piston pada motor tersebut akan mempengaruhi performa mesin dan emisi gas buang yang dihasilkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh performa mesin (torsi, dan daya), serta emisi gas buang setelah dilakukan pergantian pada piston. Pengujian dilakukan pada mesin sport 200cc, spesifikasi piston rata (flat) dengan diameter 65,0 mm dan diganti dengan piston cembung dengan diameter 65,0 mm menggunakan bahan bakar pertalite. Hasil penelitian yang didapatkan Pergantian piston cembung (dome) menyebabkan volume ruang bakar berkurang yang mengakibatkan torsi dan daya semakin meningkat. Analisa hasil uji dynotest dalam penelitian ini menyatakan bahwa bentuk permukaan piston memiliki dampak langsung pada langkah kompresi dan daya yang dihasilkan oleh motor bensin. Dengan kata lain, bentuk permukaan piston dapat mempengaruhi proses kompresi di dalam silinder mesin yang telah dibuktikan dengan analisa hasil data pada torsi piston rata (flat) sebesar 17,53 ft-lbs dan piston cembung (dome) sebesar 17,38 ft-lbs yang mengakibatkan terjadi penurunan sebesar 0,02607 % sedangkan untuk hasil daya pada piston rata (flat) sebesar 15,1 HP dan piston cembung (dome) sebesar 18,4 HP yang mengakibatkan terjadi kenaikan sebesar 41,95384 %. Pengujian emisi gas buang dengan alat yang digunakan gas analyzer dengan menggunakan bahan bakar pertalite menghasilkan emisi gas buang CO,HC,O2,CO2. Dilihat dari standarisasi emisi gas buang pemerintah tahun pembuatan kendaraan dibawah 2010 bahwa kandungan emisi CO pada puataran stansioner (idle) pada piston rata (flat) masih berada di nilai ambang batas yang telah ditentukan pemerintah sedangkan piston cembung (dome) masih belum berada di nilai ambang batas yang telah ditentukan pemerintah. Kadar CO yang tinggi diakibatkan kandungan sisa pembakaran yang tidak sempurna. Kandungan HC Pada pengujian emisi gas buang piston rata (flat) dan cembung (dome) dalam nilai putaran mesin stansioner (idle) emisi pada kandungan HC masih belum dalam ambang batas yang telah ditentukan pemerintah. HC yang tinggi diakibatkan sisa bahan bakar yang tidak terbakar secara sempurna selama proses pembakaran. Kandungan CO2 pada pengujian piston rata (flat) dan cembung (dome) nilai putaran mesin stansioner (idle) emisi pada kandungan CO2 masih dalam ambang batas sehingga efisiensi digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Piston Rata (Flat), Piston Cembung (Dome), Performa Mesin, Emisi Gas Buang
Subjects: 600 Technology and Applied Science
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 629 Other Branches of Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electronics Engineering (S1)
Depositing User: Noval Defa Aprifi
Date Deposited: 13 Feb 2024 07:33
Last Modified: 13 Feb 2024 07:33
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21164

Actions (login required)

View Item View Item