ANALISIS KESULITAN GURU BIOLOGI DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMA SE-KECAMATAN PAITON KABUPATEN PROBOLINGGO

Subhanallah, Subhanallah (2024) ANALISIS KESULITAN GURU BIOLOGI DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMA SE-KECAMATAN PAITON KABUPATEN PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (573kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (653kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pada penelitian ini berfokus untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi guru biologi dalam melaksanakan kurikulum merdeka belajar di SMA SeKecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kesulitan guru biologi dalam melaksanakan kurikulum merdeka belajar di SMA Se-Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo dan bagaimana upaya guru biologi dalam melaksanakan kurikulum merdeka belajar di SMA SeKecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis kesulitan guru biologi dalam melaksanakan kurikulum merdeka belajar di SMA Se-Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo dan untuk mengetahui upaya guru biologi dalam melaksanakan kurikulum merdeka belajar di SMA Se-Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Penelitian dilaksanakan di SMA Se-Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan metode pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data ini meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau validasi. Berdasarkan hasil kesulitan guru biologi di SMA Se-Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, pada indikator kompetensi pedagogik yaitu; karakteristik siswa, memahami pengetahuan konten pembelajaran dan cara mengajarkannya, komponen modul ajar, serta fasilitas, pada indikator kompetensi kepribadian yaitu; kesulitan berorientasi pada peserta didik, keterbatasan waktu, keberagaman kebutuhan peserta didik, subjektivitas evaluasi, perbedaan pendapat atau pendekatan, pada indikator kompetensi sosial yaitu; keterbatasan sumber daya, tantangan dalam mengelola konflik, kurangnya pemahaman tentang evaluasi, tantangan dalam menerapkan perbaikan, kesulitan dalam melibatkan semua pihak, kurangnya waktu, pada indikator kompetensi profesional yaitu; kurangnya pengetahuan konten, tidak memahami karakteristik peserta didik, kurangnya pengetahuan tentang komponen kurikulum, tidak mengaitkan pengetahuan konten dengan pengajaran, dengan upaya mengikuti Platfrom Merdeka Mengajar (PMM) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan guru biologi, kurikulum merdeka belajar, SMA
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Subhanallah Subhanallah
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:15
Last Modified: 05 Jul 2024 01:15
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21235

Actions (login required)

View Item View Item