Peran Tax Morale, Tax Fairness, dan Tax Simplicity Dalam Meningkatkan Perilaku Kepatuhan Pajak Melalui Niat Kepatuhan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember

Purnomo, Deddy Dwi (2024) Peran Tax Morale, Tax Fairness, dan Tax Simplicity Dalam Meningkatkan Perilaku Kepatuhan Pajak Melalui Niat Kepatuhan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (498kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (949kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (664kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini adalah hasil penelitian kuantitatif yang berjudul Peran Tax Morale, Tax Fairness, Dan Tax Simplicity Dalam Meningkatkan Perilaku Kepatuhan Pajak Melalui Niat Kepatuhan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh work-life balance terhadap kinerja pegawai Direktorat Jenderal Pajak di KPP Pratama Jember. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh niat kepatuhan pajak terhadap perilaku kepatuhan pajak di KPP Pratama Jember. Faktor-faktor yang diteliti meliputi tax moral, tax fairness, dan tax simplicity. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebar kepada Wajib Pajak Orang Pribadi Non Karyawan di KPP Pratama Jember. Sampel penelitian menggunakan rumus slovin dan diputuskan sebesar 400 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan perangkat lunak WarpPLS 7.0 untuk menguji pengaruh hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tax morale, tax fairness, dan tax simplicity berpengaruh positif signifikan secara langsung terhadap perilaku kepatuhan pajak. Niat kepatuhan pajak menjadi mediator pengaruh tax moral terhadap perilaku kepatuhan pajak secara signifikan, sedangkan niat kepatuhan pajak secara tidak signifikan menjadi mediator pengaruh tax fairness dan tax simplicity terhadap perilaku kepatuhan pajak. Akhirnya penelitian ini memperluas pengetahuan baru terhadap literatur yang ada tentang tax morale, tax fairness, tax simplicity, niat kepatuhan pajak dan perilaku kepatuhan pajak dengan mengusulkan model alternative tentang bagaimana hubungan ini saling terkait. Berdasarkan angka Adjusted R-squared diperoleh angka sebesar 0,388 atau 38,8%. Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan model I tax morale (X1), tax fairness (X2), dan tax simplicity (X3) terhadap niat kepatuhan pajak (Z) sebesar 38,8% sedangkan sisanya dipengaruhi variable lain yang tidak diteliti. Angka Adjusted R-squared pada persamaan II diperoleh sebesar 0,677 atau 67,7%, hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan model II tax morale (X1), tax fairness (X2), tax simplicity (X3), dan niat kepatuhan pajak (Z) terhadap perilaku kepatuhan pajak (Y) sebesar 67,7%, sedangkan sisanya dipengaruhi variable lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian ini, KPP Pratama Jember perlu memperhatikan faktor-faktor seperti tax moral, tax fairness, tax simplicity, dan niat kepatuhan pajak yang dapat membantu dalam merancang strategi untuk meningkatkan kepatuhan pajak di masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: tax morale, tax fairness, tax simplicity, niat kepatuhan pajak, perilaku kepatuhan pajak
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics > 336 Public Finance
600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Depositing User: Deddy Dwi Purnomo
Date Deposited: 06 Jul 2024 01:04
Last Modified: 06 Jul 2024 01:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21260

Actions (login required)

View Item View Item