ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI BERDASARKAN SAK EMKM DENGAN BANTUAN PENGGUNAAAN MICROSOFT EXCEL (STUDI KASUS PADA CV ETIK FARM DI DESA PURWOASRI KECAMATAN GUMUKMAS)

Ramadani, Yusuf Desril (2024) ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI BERDASARKAN SAK EMKM DENGAN BANTUAN PENGGUNAAAN MICROSOFT EXCEL (STUDI KASUS PADA CV ETIK FARM DI DESA PURWOASRI KECAMATAN GUMUKMAS). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (495kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
D. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (631kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Hal yang utama dalam penulisan artikel ini adalah pentingnya akuntansi dalam mengelola keuangan sebuah usaha. Dalam hal ini, CV Etik Farm sebagai studi kasus membutuhkan sistem akuntansi yang efektif dan efisien. Adanya Standar Akuntansi Keuangan Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) sebagai acuan dalam mengelola keuangan usaha membuat penerapannya menjadi lebih baik dan terstandarisasi. Namun, banyak usaha kecil dan menengah yang masih kesulitan dalam menerapkan SAK EMKM, sehingga membutuhkan bantuan dari aplikasi yang memudahkan dalam penerapannya, seperti Microsoft Excel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan SAK EMKM pada CV Etik Farm dengan bantuan penggunaan Microsoft Excel dan memberikan rekomendasi untuk penerapannya. Studi kasus pada CV Etik Farm di Desa Purwoasri Kecamatan Gumukmas memiliki peran penting dalam membantu usaha kecil dan menengah dalam menerapkan SAK EMKM dengan lebih mudah dan efisien. Rumusan masalah yang di bahas dalam artikel ini adalah Bagaimana pemanfaatan Microsoft Excel berdasarkan Standar Akuntansi Mikro Kecil dan Menengah untuk penyusunan sistem laporan keuangan pada CV Etik Farm. Dan penelitian dalam artikel ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM) dengan memanfaatkan Microsoft Excel sebagai alat bantu, dengan fokus pada studi kasus di CV Etik Farm di Desa Purwoasri, Kecamatan Gumukmas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SAK EMKM di CV Etik Farm telah memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman dan pengelolaan akuntansi perusahaan. Penggunaan Microsoft Excel sebagai alat bantu dalam pelaksanaan SAK EMKM memberikan kemudahan dalam pembuatan laporan keuangan, pencatatan transaksi, dan analisis data. Selain itu, kesesuaian antara prinsip akuntansi SAK EMKM dan aplikasi Microsoft Excel juga memungkinkan perusahaan untuk memonitor kinerja keuangan secara lebih efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Penerapan Akuntansi, Sistem Informasi Akuntansi Standar Akuntansi Keuangan Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM), Microsoft Excel
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics > 332 Financial Economics, Finance
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (S1)
Depositing User: Yusuf Desril Ramadani
Date Deposited: 06 Jul 2024 01:31
Last Modified: 06 Jul 2024 01:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21272

Actions (login required)

View Item View Item