Analisis Pengaruh Psikologi Investor Muda Terhadap Keputusan Investasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) (Studi Kasus Investor Yang Berada di Komunitas Twitter @Saham_fess).

Andalib, Naura Hulwa (2024) Analisis Pengaruh Psikologi Investor Muda Terhadap Keputusan Investasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) (Studi Kasus Investor Yang Berada di Komunitas Twitter @Saham_fess). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.PDF

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
C. BAB 1.pdf

Download (240kB)
[img] Text
D. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB) | Request a copy

Abstract

Psikologi investasi merupakan suatu faktor yang dapat mengendalikan emosi seorang investor dalam melakukan suatu investasi. Seorang investor akan berinvestasi dengan baik apabila psikologi investasinya dapat dikuasai ataupun stabil. Sebaliknya, apabila seorang investor tidak memiliki psikologi investasi yang baik, maka dalam melakukan suatu investasi akan berdampak negatif bahkan dapat mengganggu mental seorang investor. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dari masing-masing variabel yaitu overconfidence (X1), emotion (X2), dan considering the past (X3) terhadap keputusan investasi (Y) pada komunitas autobase @Saham_fess di Twitter. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen data, uji asumsi klasik, analisis linear berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan regresi linear dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel overconfidence, emotion, dan considering the past berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi pada komunitas autobase @Saham_fess di Twitter. Kata kunci : overconfidence, emotion, considering the past, keputusan investasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: overconfidence, emotion, considering the past, keputusan investasi
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics > 332 Financial Economics, Finance
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: Naura Hulwa Andalib
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:13
Last Modified: 09 Jul 2024 07:13
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21316

Actions (login required)

View Item View Item