STUDI EVALUASI KEKAKUAN JEMBATAN LENGKUNG (TIED ARCH BRIDGE) STRUKTUR BETON BERTULANG SETELAH DIPERKUAT DENGAN CARBON FIBER REINFORCEMENT POLYMER

Islam, Muhammad Jihadul (2024) STUDI EVALUASI KEKAKUAN JEMBATAN LENGKUNG (TIED ARCH BRIDGE) STRUKTUR BETON BERTULANG SETELAH DIPERKUAT DENGAN CARBON FIBER REINFORCEMENT POLYMER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (906kB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (146kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Jembatan Tanggul merupakan jembatan yang didirikan zaman belanda. Untuk menunjang infrastruktur tersebut yang disebabkan banyaknya kendaraan yang melintas dijalur tersebut, maka dibutuhkan sebuah perkuatan jembatan. Salah satu metode perkuatan yang akan digunakan adalah Carbon Fiber Reinforced Polymer (CFRP). Sehingga untuk menanggulangi hal tersebut, dilakukan Studi Evaluasi Jembatan Lengkung (Tied Arch Bridge) Struktur Beton Bertulang Menggunakan Perkuatan Carbon Fiber Reinforcement Polymer. Penelitian ini dimulai dari pengumpulan data jembatan seperti panjang dan lebar jembatan yang selanjutnya di analisa berdasarkan beban yang akan di terima oleh jembatan tersebut. Pada penelitian ini dilakukan 2 data pengukuran yaitu pengukuran kuat tekan beton dengan Hummer Test dan pengukuran dimensi jembatan dengan Laser Distance Metter. Hasil analisa struktur yang dihasilkan dari CSI Bridge V24 didapatkan kolom kurang memenuhi standard kekuatan jembatan sehingga dibutuhkan sebuah perkuatan kolom pada bagian K1 dan K2 sebanyak 2 lapis CFRP. Momen pada jembatan sebelum ditambahkan CFRP menjadi lebih besar dari pada momen yang sudah ditambahkan CFRP yaitu pada kolom F149 didapatkan 228,507 dan pada penambahan CFRP F149 kNm sebesar 135,707 kNm, dan nilai kebutuhan tulangan (Vu) didapatkan bahwa kebutuhan tulangan yang ditambahkan CFRP menjadi lebih kecil sehingga dapat diketahui bahwa kebutuhan penambahan CFRP sangat mempengaruhi kebutuhan tulangan pada jembatan dilihat dari F149 sebesar 126,303 dan penambahan CFRP F149 sebesar 106,266.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perkuatan Jembatan Menggunakan Carbon Fiber Reinforcement Polymer
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: Muhammad Jihadul Islam
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:48
Last Modified: 10 Jul 2024 06:48
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21327

Actions (login required)

View Item View Item