PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PELAYANAN DAN BRAND TRUST TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Program RPL di Universitas Muhammadiyah Jember)

Abdillah, Yusuf (2024) PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PELAYANAN DAN BRAND TRUST TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Program RPL di Universitas Muhammadiyah Jember). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (644kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (804kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (732kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Semakin ketatnya persaingan di dunia pendidikan tinggi, yang mendorong Universitas Muhammadiyah Jember untuk memperkenalkan inovasi program baru Recognisi Pembelajaran Lampau. Untuk memastikan keberlanjutan dan pertumbuhan program tersebut serta memberikan kontribusi positif pada masyarakat, pemahaman terkait loyalitas mahasiswa menjadi sangat penting bagi institusi pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh brand image, kualitas pelayanan, dan brand trust terhadap loyalitas mahasiswa, dengan kepuasan sebagai variabel intervening. Metode penelitian yang digunakan adalah survei kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa program RPL di Universitas Muhammadiyah Jember sebanyak 144 mahasiswa. Analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) melalui software WarpPLS 8.0 untuk menguji hubungan antara variabel-variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image, kualitas pelayanan, dan brand trust memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Selain itu, kepuasan mahasiswa juga terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas mahasiswa. Meskipun brand image dan kualitas pelayanan tidak memiliki pengaruh langsung terhadap loyalitas, kepuasan sebagai variabel intervening memainkan peran penting dalam memediasi hubungan antara brand image, kualitas pelayanan, dan brand trust dengan loyalitas mahasiswa. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi pengelola institusi pendidikan untuk meningkatkan brand image, kualitas pelayanan, dan brand trust guna meningkatkan kepuasan mahasiswa. Dengan meningkatkan ketiga aspek tersebut, diharapkan mahasiswa akan lebih loyal dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap institusi pendidikan mereka melalui mediasi kepuasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, kualitas pelayanan, citra merk, loyalitas
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
300 Social Science > 330 Economics
300 Social Science > 330 Economics > 335 Socialism and Related Systems
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Depositing User: YUSUF ABDILLAH
Date Deposited: 10 Jul 2024 01:12
Last Modified: 10 Jul 2024 01:12
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21330

Actions (login required)

View Item View Item