Clustering Pemilihan Pelanggan Potensial Menggunakan Algoritma K-Means di UD. Makmur



Wijaya, Dermawan Adi (2015) Clustering Pemilihan Pelanggan Potensial Menggunakan Algoritma K-Means di UD. Makmur. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of Artikel Pdf.pdf]
Preview
Text
Artikel Pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (508kB)
[thumbnail of BAB  I n.pdf] Text
BAB I n.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[thumbnail of BAB III new.pdf] Text
BAB III new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[thumbnail of BAB IVBaru.pdf] Text
BAB IVBaru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[thumbnail of BAB V Der.pdf] Text
BAB V Der.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)

Abstract

UD.Makmur merupakan industri manufaktur yang bergerak pada pengiriman serta penjualan kayu.Salah satu hal yang penting dalam pengelolaan pelanggan adalah bagaimana suatu perusahaan dapat mempertahankan pelanggan yang dimilikinya. Usaha untuk mempertahankan pelanggan ini menjadi hal yang penting bagi UD.Makmur mengingat semakin banyaknya usaha retail yang menjual produk yang sama. Untuk mencegah terjadinya perpindahan pelanggan ini, maka perlu diketahui kelompok pelanggan yang potensial, sehingga perusahaan bisa melindungi pelanggan potensial tersebut dengan cara memberikan pelayanan prima dan memberikan hadiah.Implementasi dari clustering pelanggan potensial dapat membantu untuk menganalisa data yang diperoleh dari transaksi. Pengelompokan tersebut dilakukan dengan menggunakan metode clustering. Algoritma yang digunakan adalah algoritma K-Means, informasi yang ditampilkan berupa nilai sentroid dari tiap-tiap cluster dan kelompok-kelompok pelanggan potensial.

[error in script]

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Metode Clustering, Algoritma K-Means, Pelanggan Potensial
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 19 Jul 2019 09:40
Last Modified: 29 Nov 2019 02:42
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2140

Actions (login required)

View Item View Item