Clustering Pemilihan Pelanggan Potensial Menggunakan Algoritma K-Means di UD. Makmur

Wijaya, Dermawan Adi (2015) Clustering Pemilihan Pelanggan Potensial Menggunakan Algoritma K-Means di UD. Makmur. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
Artikel Pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

UD.Makmur merupakan industri manufaktur yang bergerak pada pengiriman serta penjualan kayu.Salah satu hal yang penting dalam pengelolaan pelanggan adalah bagaimana suatu perusahaan dapat mempertahankan pelanggan yang dimilikinya. Usaha untuk mempertahankan pelanggan ini menjadi hal yang penting bagi UD.Makmur mengingat semakin banyaknya usaha retail yang menjual produk yang sama. Untuk mencegah terjadinya perpindahan pelanggan ini, maka perlu diketahui kelompok pelanggan yang potensial, sehingga perusahaan bisa melindungi pelanggan potensial tersebut dengan cara memberikan pelayanan prima dan memberikan hadiah.Implementasi dari clustering pelanggan potensial dapat membantu untuk menganalisa data yang diperoleh dari transaksi. Pengelompokan tersebut dilakukan dengan menggunakan metode clustering. Algoritma yang digunakan adalah algoritma K-Means, informasi yang ditampilkan berupa nilai sentroid dari tiap-tiap cluster dan kelompok-kelompok pelanggan potensial.

Item Type: Article
Additional Information: Dermawan Adi Wijaya
Uncontrolled Keywords: Metode Clustering, Algoritma K-Means, Pelanggan Potensial
Subjects: 000 General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 19 Jul 2019 09:40
Last Modified: 19 Jul 2019 09:40
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2140

Actions (login required)

View Item View Item