Pengaruh Transfer Pricing, Capital Intensity dan Komite Audit Terhadap Tax Avoidance (Studi Kasus pada Perusahaan Pertambangan Sektor Energy yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2021-2022)

Firdausyah, Nori (2024) Pengaruh Transfer Pricing, Capital Intensity dan Komite Audit Terhadap Tax Avoidance (Studi Kasus pada Perusahaan Pertambangan Sektor Energy yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2021-2022). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (678kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (352kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (553kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (481kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan bukti empiris Transfer Pricing, Capital Intensity dan Komite Audit terhadap Tax Avoidance (Studi Kasus Perusahaan Pertambangan Sektor Energy yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2021-2022). Tax Avoidance adalah termasuk salah satu upaya mengefisiensikan beban pajak dengan cara menghindari pengenaan pajak dengan mengarahkannya pada transaksi yang bukan objek pajak. Transfer Pricing adalah kebijakan yang digunakan perusahaan untuk menetapkan harga transaksi antara unit-unit yang berbeda dalam sebuah perusahaan multinasional. Faktor yang melatarbelakangi tindakan Tax Avoidance ialah Capital Intensity. Capital Intensity merupakan kegiatan investasi perusahaan yang berkaitan dengan investasi aset tetap dan persediaan. Tujuan utama komite audit dalam sebuah perusahaan adalah membantu dewan komisaris dalam mengawasi manajemen dalam penyusunan laporan keuangan. Salah satu fungsi utamanya adalah melakukan kontrol selama proses penyusunan laporan keuangan untuk mencegah kemungkinan kecurangan yang dilakukan oleh manajemen. Ketika komite audit berfungsi dengan baik, ini dapat memperkuat pengendalian internal perusahaan, meningkatkan kualitas dalam laporan keuangan, serta membantu dalam menerapkan praktik tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengan metode porpusive sampling. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 82 perusahaan dengan jumlah sampel yang digunakan 31 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan yang bergerak dibidang industri pertambangan sub sektor energy yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2021-2022. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengujian data yang digunakan menggunakan SPSS versi 26. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa transfer pricing, capital intensity, dan komite audit memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tax avoidance, seperti yang diuji menggunakan analisis uji t dan uji F. Kata Kunci: Transfer Pricing, Capital Intensity, Komite Audit dan Tax Avoidance

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Transfer Pricing, Capital Intensity, Komite Audit dan Tax Avoidance
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (S1)
Depositing User: NORI FIRDAUSYAH
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:44
Last Modified: 11 Jul 2024 07:44
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21415

Actions (login required)

View Item View Item