Prototipe Rekayasa Mesin Sortir Sebagai Penentu Kematangan Buah Jeruk Berdasarkan Warna Menggunakan Raspberry Pi3 Berbasis Kamera

Fatkurrohman, Ahmad Rizal (2024) Prototipe Rekayasa Mesin Sortir Sebagai Penentu Kematangan Buah Jeruk Berdasarkan Warna Menggunakan Raspberry Pi3 Berbasis Kamera. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. HALAMAN AWAL.pdf

Download (9MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (729kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Jeruk memiliki nilai ekonomis dan mempunyai gizi yang tinggi, yang dapat dikonsumsi dalam bentuk segar maupun olahan. Di Indonesia, jeruk ialah tanaman rakyat yang ditanam pada lahan kering, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Sejalan dengan perkembangan ilmu teknologi informasi dan sistem tertanam, proses sortasi banyak dikembangkan menggunakan sistem otomatis yang digunakan pada perangkat elektronik untuk keefektifan dalam penggunaan serta keakuratan hasil yang diperoleh. Maka dibuatlah alat yang dapat menyortir buah jeruk secara efisien dengan penelitian yang berjudul “prototipe rekayasa mesin sortir sebagai penentu kematangan buah jeruk berdasarkan warna menggunakan raspberry pi3 berbasis kamera” Prototipe Konveor Penyortir Buah Jeruk merupakan alat yang digunakan petani Perkebunan jeruk dalam proses pasca panen untuk mengelompokkan kualitas baik, sedeng, dan buruk berdasarkan warna dan ukuran buah. Alat ini terdiri dari camera pi3, raspberry pi3, Arduino uno, motor dc, driver motor, sensor ultrasonic, dan motor servo. penyortiran buah jeruk hanya bisa dilakukan pada satu jenis jeruk, dengan ukuran 5-7 cm. Keterbatasan alat penyortiran buah jeruk ini hanya bisa menyortir jenis buah jeruk local dengan diameter buah berkisar 40 – 70 mm, dan untuk warna buah yang digunakan adalah warna kuning ,hijau dan kuning kehijauan dengan menggunakan kamera pi3 yang digerakkan oleh mikrokontroler ATMega328P dan menggunakan motor dc sebagai penggerak pemilah buah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kamera Rev1.3, Raspberry Pi3, Arduino Mega, Motor Dc, Driver Motor, Dan Motor Servo.
Subjects: 600 Technology and Applied Science
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electronics Engineering (S1)
Depositing User: AHMAD RIZAL FATKUR ROHMAN
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:37
Last Modified: 12 Jul 2024 03:37
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21422

Actions (login required)

View Item View Item