Pengaruh Pelepasan Kulit Ari (Sarcotesta) Dan Suhu Air Perendaman Terhadap Pematahan Dormansi Benih Pepaya (Carica papaya L.) Sebagai Sumber Belajar Biologi Pada Siswa SMK Kelas X (Pokok Bahasan Pertumbuhan Dan Perkembangan)

Aisyah, Siti (2015) Pengaruh Pelepasan Kulit Ari (Sarcotesta) Dan Suhu Air Perendaman Terhadap Pematahan Dormansi Benih Pepaya (Carica papaya L.) Sebagai Sumber Belajar Biologi Pada Siswa SMK Kelas X (Pokok Bahasan Pertumbuhan Dan Perkembangan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Other (PENDAHULUAN COVER)
2. Pendahuluan.rar

Download (982kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Other (LAMPIRAN)
4. Lampiran.rar
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPA memiliki peluang untuk dilakukan di luar kelas. Untuk meningkatkan kualitas hasil belajar peserta, penggunaan tumbuhan pepaya sebagai sumber belajar merupakan salah satu alternatif pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar biologi, Pemanfaatan lingkungan tersebut salah satunya adalah pelepasan kulit ari (sarcotesta) dan suhu air perendaman terhadap pematahan dormansi benih pepaya. Masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh pelepasan kulit ari (sarcotesta) dan suhu air perendaman terhadap pematahan dormansi benih pepaya (Carica papaya L.) serta bagaimanakah hasil penelitian pengaruh pelepasan kulit ari (sarcotesta) dan suhu air perendaman terhadap pematahan dormansi benih pepaya (Carica papaya L.) dapat dijadikan sebagai sumber belajar biologi SMK kelas X (pokok bahasan pertumbuhan dan perkembangan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelepasan kulit ari (sarcotesta) dan suhu air perendaman terhadap pematahan domansi benih pepaya (Carica papaya L.), untuk mengetahui hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber belajar biologi SMK kelas X (pokok bahasan pertumbuhan dan perkembangan). Penelitian ini memiliki hipotesis yakni pelepasan kulit ari (sarcotesta) dan suhu air perendaman dapat mempengaruhi pematahan dormansi. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan. Untuk mengetahui pengaruh pelepasan kulit ari (sarcotesta) dan suhu air perendaman terhadap pematahan dormansi dilakukan analisis dengan menggunakan analisis varian (Anava) dengan taraf kepercayaan 0.05 dan untuk mengetahui perbedaan masing-masing perlakuan dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) dengan derajat kepercayaan α= 0,05 serta untuk mengetahui apakah hasil penelitian dapat dijadikan sumber belajar dilakukan validasi dan uji keterbacaan. Penelitian dilakukan pada tanggal 16 Maret -16 Mei 2015 di Kebun percobaan Universitas Muhammadiyah Jember. Kesimpulan penelitian ini, sebagai berikut: pelepasan kulit ari (sarcotesta) dan suhu air perendaman menunjukkan pengaruh terhadap pematahan dormansi, Pelepasan kulit ari (sarcotesta) dan suhu air perendaman 60 oC menunjukkan pengaruh lebih baik terhadap pematahan dormansi (dari parameter daya tumbuh, kecepatan tumbuh, indeks vigor dan panjang hipokotil), Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber belajar biologi dengan produk penelitian ini berupa modul pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelepasan kulit ari (sarcotesta), suhu air perendaman, pematahan dormansi, modul pembelajaran biologi
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology > 575 Specific Parts of & System in Plants
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 02 Mar 2024 04:16
Last Modified: 02 Mar 2024 04:16
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21460

Actions (login required)

View Item View Item