Pengembangan LKPD Materi Perubahan Lingkungan Berbasis Rubrik Kemampuan Kolaborasi Pembelajaran Abad 21 Pada Kurikulum Merdeka

Sa'adah, Mega Sofhia Julianis (2024) Pengembangan LKPD Materi Perubahan Lingkungan Berbasis Rubrik Kemampuan Kolaborasi Pembelajaran Abad 21 Pada Kurikulum Merdeka. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (699kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (718kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran abad 21 berfokus pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, bukan lagi berpusat pada guru. Dalam pembelajaran abad 21 mendorong peserta didik untuk memiliki kemampuan kolaborasi. Kemampuan kolaborasi mengajak peserta didik untuk mengidentifikasi permasalahan, mencari solusi dan merencanakan tindakan bersama. Dalam proses pembelajaran di kelas, kemampuan kolaborasi dapat diukur dengan mengerjakan LKPD yang berbasis kemampuan kolaborasi. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan kolaborasi yang dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran LKPD berbasis rubrik kemampuan kolaborasi, untuk mengetahui tingkat validitas, praktikalitas dan efektivitas LKPD materi perubahan lingkungan berbasis rubrik kemampuan kolaborasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan model pengembangan 4D. Pengumpulan data menggunakan angket need assesment guru dan peserta didik, uji validasi dan dilanjutkan dengan penilaian respon peserta didik dan uji coba pretest posttest. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu rata-rata uji validitas oleh tiga validator sebesar 91,30% dengan kategori “sangat valid”. Uji coba selanjutnya yaitu praktikalitas berupa angket respon peserta didik memiliki rata-rata sebesar 93,26% dengan kategori “sangat praktis”, dilanjutkan dengan uji efektifitas berupa penilaian pretest dan posttest memiliki rata-rata N-gain sebesar 0,59 dengan kategori efektifitas “sedang”. Dari hasil efektivitas tersebut dapat mengetahui kemampuan kolaborasi peserta didik melalui penerapan rubrik kolaborasi 21’CLD. Produk penelitian ini berupa LKPD materi perubahan lingkungan berbasis rubrik kemampuan kolaborasi pembelajaran abad 21.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kolaborasi, LKPD, Pembelajaran Abad 21
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Mega Sofhia Julianis Sa'adah
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:08
Last Modified: 15 Jul 2024 07:08
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21530

Actions (login required)

View Item View Item