Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kopi Di SMA

Kulsum, Umi (2024) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kopi Di SMA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam upaya peningkatan sumber daya manusia. Untuk mewujudkan hal tersebut, fasilitas pembelajaran perlu ditingkatkan. Namun fakta di lapangan menunjukkan hasil bahwa perangkat pembelajaran masih belum memanfaatkan teknologi digital seperti e-LKPD. Oleh karena itu, perlu dikembangkan perangkat pembelajaran agar berdampak pada hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik. Salah satu cara meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik yakni dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PBL (Problem Based Learning). Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2024 di SMA Negeri 3 Jember. Subjek pada penelitian ini yaitu 3 validator ahli perangkat, 2 validator ahli praktisi dan peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas perangkat pembelajaran terintegrasi dengan model PBL yang dikembangkan serta mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran terintegrasi dengan model PBL yang dikembangkan. Penelitian yang dilakukan menggunakan lima tahap pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan angket need assessment guru & peserta didik, angket validasi ahli perangkat & praktisi, tes dalam bentuk prettest dan posttest, serta angket respon peserta didik. Data yang didapatkan akan dianalisis untuk mengetahui validitas produk, respon peserta didik, dan keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki tingkat validitas dengan presentase rata-rata ahli perangkat 85,8% dan rata-rata ahli praktisi 95,4% dengan kategori sangat valid. Penggunaan perangkat pembelajaran berbasis PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik berdasarkan rata-rata nilai N-gain masuk dalam kategori tinggi dengan nilai 0,89 pada kelompok kecil dan nilai N-gain kategori sedang dengan nilai 0,50 pada kelompok besar. Respon peserta didik menunjukkan tingkat kemenarikan sangat menarik dengan presentase 89,2 % dan menarik dengan presentase 76,4%. Tingkat keterampilan proses sains peserta didik pada uji coba kelompok kecil sebesar 93,3 % dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan pada uji coba kelompok besar hasil rata-rata sebesar 91% dengan kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, PBL, Keterampilan Proses Sains dan Kopi
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Umi Kulsum
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDPriantari, Ikanidn0715018301
UNSPECIFIEDPrafitasari, Aulya Nandanidn0711039105
Contact Email Address: umik00332@gmail.com
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:10
Last Modified: 15 Jul 2024 08:10
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21551

Actions (login required)

View Item View Item