PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (pokok bahasan ekosistem kelas VII SMPN 2 Jelbuk Jember) 2014/2015

PANGESTI, SUSI DWI (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (pokok bahasan ekosistem kelas VII SMPN 2 Jelbuk Jember) 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
SUSI DWI PANGESTI 1110211077.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci : model TPS, media pembelajaran berbasis web, ketuntasan hasil belajar, motivasi belajar, materi ekosistem, SMPN 2 Jelbuk Jember. Pembaharuan pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu metode yang sesuai yaitu Model TPS dan media berbasis WEB. Pembelajaran menggunakan Model TPS dan Media berbasis WEB adalah usaha yang dilakukan guru agar siswa memiliki kemampuan untuk mengungkapkan dan mengeksperisikan dirinya sebagai individu maupun kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan ketuntasan hasil belajar biologi pada materi ekosistem dengan penerapan model TPS dan Media berbasis WEB pada siswa kelas VII SMPN 2 Jelbuk Jember. Pendekatan penelitian yang dipergunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif, maka siklus yang digunakan menjadi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan observasi, jika tidak tuntas dilanjutkan kesiklus berikutnya. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan sampel penelitian siswa kelas VII SMPN 2 Jelbuk Jember. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 07 April-16 April 2015 penelitian tindakan dan refleksi. Data yang dianalisis adalah hasil observasi, tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model TPS dan Media berbasis WEB , siswa dapat memiliki kemampuan untuk mengungkapkan dan mengekspresikan dirinya sebagai individu maupun kelompok sehingga hasil belajar biologi siswa kelas VII di SMPN 2 Jelbuk Jember meningkat. Dari aspek kognitif mencpai ketuntasan klasikal 44,00%, pada aspek afektif 57,88% dan aspek psikomotor ketuntasan klasikalnya 67,92% . Sehinga dapat dikatakan pada siklus I ini belum tuntas belajarnya sehingga siklus II perlu dilaksanakan. Sedangkan hasil test siklus II aspek kognitif ketuntasan klasikalnya 72,00%. Pada aspek afektif 75,08% dan psikomotor ketuntasan klasikal 76,16%. Sehingga dikatakan siklus II telah tuntas belajarnya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan agar pembelajaran model TPS dengan Media berbasis WEB hendaknya diterapkan oleh guru lama mengajar dikelas sebagai alternative pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Endang Dewi Kartika
Date Deposited: 06 Mar 2024 07:24
Last Modified: 06 Mar 2024 07:24
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21557

Actions (login required)

View Item View Item