IMPLEMENTASI GUGATAN PERWAKILAN KELOMPOK OLEH MASYARAKAT TERHADAP KERUGIAN YANG DISEBABKAN BANJIR DI WILAYAH KECAMATAN IJEN KABUPATEN BONDOWOSO

Miyanto, Bram (2024) IMPLEMENTASI GUGATAN PERWAKILAN KELOMPOK OLEH MASYARAKAT TERHADAP KERUGIAN YANG DISEBABKAN BANJIR DI WILAYAH KECAMATAN IJEN KABUPATEN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji potensi dan implikasi gugatan class action oleh masyarakat terhadap kerugian yang disebabkan oleh banjir di Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso. Banjir yang terjadi disebabkan oleh faktor-faktor seperti alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian yang tidak optimal dalam menyerap air hujan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara yuridis hak gugat masyarakat berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (UUPPLH), serta relevansi Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan. Metode yang digunakan meliputi analisis dokumen hukum, studi kasus, dan wawancara dengan pemangku kepentingan lokal. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat ketidakkonsistenan pemerintah dalam menerapkan regulasi lingkungan hidup, serta pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam pengelolaan lingkungan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pemahaman lebih lanjut mengenai peran dan hak masyarakat dalam melindungi lingkungan hidup mereka, serta memperbaiki implementasi kebijakan lingkungan untuk mencegah bencana alam di masa mendatang Kata kunci: Gugatan Class Action, Lingkungan Hidup, Banjir, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, UUPPLH.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gugatan Class Action, Lingkungan Hidup, Banjir, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, UUPPLH.
Subjects: 300 Social Science > 340 Law > 348 Laws, Regulations & Cases
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science (S1)
Depositing User: Bram Miyanto
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:38
Last Modified: 16 Jul 2024 04:38
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21610

Actions (login required)

View Item View Item