PENGARUH KOMPETENSI SDM, SARANA PRASARANA, DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK MELALUI KUALITAS ALUMNI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Alumni Peserta Didik RSD dr. Soebandi Kabupaten Jember)

Rosidah, Anistya Meinar (2024) PENGARUH KOMPETENSI SDM, SARANA PRASARANA, DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK MELALUI KUALITAS ALUMNI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Alumni Peserta Didik RSD dr. Soebandi Kabupaten Jember). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (532kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (665kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Rumah sakit pendidikan merupakan rumah sakit yang bertujuan sebagai tempat pelayanan Kesehatan, pendidikan, dan penelitian secara terpadu dalam bidang pendidikan kedokteran dan/atau kedokteran gigi, pendidikan berkelanjutan, dan pendidikan Kesehatan lainnya secara multiprofesi. Rumah sakit pendidikan dituntut untuk mampu mendorong terciptanya kepuasan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompetensi SDM, sarana dan prasarana, dan metode pembelajaran terhadap kualitas alumni dan kepuasaan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dikategorikan sebagai penelitian eksplanatori. Populasi pada penelitian ini adalah 300 Dokter Co-Ass di RS dr. Soebandi. Sampel penelitian ditentukan mengacu Rumus Slovin sebanyak 171 responden. Analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) kemudian didukung dengan bantuan software Smart Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi SDM dan metode pembelajaran berpengaruh secara positif terhadap kepuasaan peserta didik. Sarana dan prasarana tidak berpengaruh terhadap kepuasaan peserta didik. Kompetensi SDM dan metode pembelajaran berpengaruh secara positif terhadap kualitas alumni. Sarana dan prasarana berpengaruh terhadap kualitas alumni. Kepuasan Peseta Didik berpengaruh secara positif terhadap kualitas alumni. Kompetensi SDM dan sarana dan prasarana berpengaruh secara positif terhadap kepuasaan peserta didik melalui Kualitas Alumni sebagai variabel intervening. Sarana dan prasarana tidak berpengaruh terhadap kepuasaan peserta didik melalui Kualitas Alumni sebagai variabel intervening.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi SDM, Sarana dan Prasarana, Metode Pembelajaran Kualitas Alumni dan Kepuasaan Peserta Didik
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
300 Social Science > 330 Economics
300 Social Science > 330 Economics > 335 Socialism and Related Systems
600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Depositing User: Anistya Meinar Rosidah
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:24
Last Modified: 16 Jul 2024 08:24
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21645

Actions (login required)

View Item View Item