EFEKTIVITAS METODE FIELD TRIP DALAM MENULIS KARANGAN DDESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 14 JEMBER

PUTRA, HAMZAH ADE (2024) EFEKTIVITAS METODE FIELD TRIP DALAM MENULIS KARANGAN DDESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 14 JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (704kB)
[img] Text
2. ABSTARK.pdf

Download (41kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Putra, Hamzah Ade. 2024. Efektivitas Metode Field Trip dalam Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 14 Jember. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing : (1) Eka Nova Ali Vardani, M.Pd. (2) Mochamad Alfan, M.Pd. Kata Kunci: Metode Field Trip, Menulis Karangan Deskripsi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam menulis karangan deskripsi. Pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode diskusi. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan dalam menuangkan ide gagasannya ke dalam bentuk tulisan. Dikarenakan penggunaan metode tesebut tidak sesuai dengan yang diharapkan maka peneliti menerapkan metode pembelajaran yang aktif serta kreatif, yaitu menerapkan metode pembelajaran field trip. Dengan penggunaan metode pembelajaran tersebut diharapkan siswa lebih mudah untuk memberikan gambaran tentang objek yang dilihatnya secara langsung, sehingga diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilaksanakan yaitu penelitian eksperimen, dengan tujuan menguji keefektifan metode field trip terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran menulis karangan deskripsi. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 14 jember. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 20 orang siswa, siswa laki-laki sebanyak 7 orang, dan siswa perempuan sebanyak 13 orang. Lokasi penelitian berada di desa antirogo, kecamatan sumber sari, kabupaten jember, provinsi jawa timur. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji signifikan (uji-t). Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perubahan hasil belajar pada siswa kelas VII A SMP Negeri 14 Jember. Hal ini dapat dilihat dari hasil pre-test, dimana nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 63,8 dengan kategori sangat rendah yaitu 0%, rendah 50%, sedang 50%, tinggi 0%, dan sangat tinggi berada pada presentase 0%. Melihat dari hasil presentase ketuntasan, diperoleh sebanyak 17 siswa dalam kategori tidak tuntas dan 3 siswa dalam kategori tuntas. Maka, dari hasil yang telah diperoleh tersebut dapat dikatakan bahwa tingkat hasil belajar siswa sebelum diterapkan metode Field Trip tergolong sangat rendah dari standar ketuntasan klasikal yaitu 70%. Selanjutnya nilai rata-rata hasil belajar siswa pada saat post-test, adalah 79,3 dengan kategori sangat rendah 0%, rendah 0%, sedang 3%, tinggi 13%, dan sangat tinggi 4%. Melihat dari hasil presentase ketuntasan, diperoleh sebanyak 3 siswa dalam kategori tidak tuntas dan 17 siswa dalam kategori tuntas. Maka, dari hasil yang telah diperoleh tersebut dapat dikatakan bahwa tingkat hasil belajar siswa setelah diterapkan metode Field Trip tergolong tinggi dan lebih baik jika dibandingkan dengan sebelum penerapan metode Field Trip. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji t, dapat diketahui bahwa nilai t hitung sebesar 4,66. dengan frekuensi (dk) sebesar 20-1 = 19, pada taraf signifikan 0,05% diperoleh t Tabel = 2,09. Dikarenakan t Hitung > t Tabel pada taraf signifikan 0,05. Maka, hipotesis nol (HO) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh dalam penerapan metode Field Trip.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Field Trip, Menulis Karangan Deskripsi.
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Hamzah Ade Putra
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:35
Last Modified: 17 Jul 2024 03:35
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21674

Actions (login required)

View Item View Item