KOMPARASI KOSAKATA DASAR BAHASA MELAYU PATANI (THAILAND SELATAN) DENGAN BAHASA INDONESIA PADA MAHASISWA THAILAND DI JEMBER

Nawee, Asuwan (2024) KOMPARASI KOSAKATA DASAR BAHASA MELAYU PATANI (THAILAND SELATAN) DENGAN BAHASA INDONESIA PADA MAHASISWA THAILAND DI JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (305kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (399kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang muncul berdasarkan analisis kebutuhan adalah fenomena adanya komparasi antara Bahasa Melayu Patani dengan Bahasa Indonesia, banyak ditemukan oleh mahasiswa Thailand Selatan di kota Jember. Dalam berkomunikasi sehari-hari mereka merasakan adanya persamaan bahkan kemiripan kosakata dasar Bahasa Indonesia dari pengucapan dan penulisan pada kosakata dasar Bahasa Melayu Patani. Sehingga membuat peneliti sangat tertarik untuk dijadikan sebuah penelitian, karena kedua bahasa tersebut sangatlah penting digunakan untuk berinteraksi dengan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penggunaan kosakata dasar berupa hiponim, sinonim, dan polisemi dalam percakapan sehari-hari mahasiswa melayu Patani, Thailand Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data penelitian yang di ambil adalah tuturan atau kata-kata yang mengandung hiponimi, sinonimi, dan polisemi. Sumber data pada penelitian ini adalah tuturan mahasiswa Patani (Thailand Selatan) yang berada di kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik langsung, dilanjutkan dengan metode simak dan cakap. Instrumen pengumpulan data yang akan peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri, dilengkapi dengan instrumen penunjang berupa tabel pengkodean data dan tabel analisis data. Teknik analisis data yang digunakan yakni metode padan intralingual dengan teknik hubung banding menyamakan (HBS). Pada pengujian keabsahan data peneliti menggunakan teknik meningkatkan ketekunan, berarti melakukan pengamatan secara lebih cermat dan berkesinambungan. Hasil dari penelitian ini ditemukan komparasi makna hiponimi, sinonimi dan polisemi yang terjadi dalam percakapan sehari-hari mahasiswa Melayu Patani (Thailand Selatan). Pertama, kategori makna hiponimi yang berkaitan dengan peliputan makna spesifik dalam makna generik, mahasiswa penerapkan kosakata dasar hiponimi dari makna khusus ke makna umum dengan tepat dan jelas. Kedua, kategori makna sinonimi yang merujuk pada kata atau frasa yang memiliki makna yang mirip atau serupa, tutran mahasiswa memberikan nuansa tambahan atau bahkan mengubah konotasi suatu kata, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi pemahaman terhadap pesan yang disampaikan. Ketiga, kategori makna polisemi yang berarti suatu kata atau frasa untuk memiliki lebih dari satu makna atau arti yang terkait, mahasiswa menyesuaikan penggunaan kata-kata dengan konteks percakapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Asuwan Nawee
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:22
Last Modified: 18 Jul 2024 01:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21759

Actions (login required)

View Item View Item