ANALISIS PERBANDINGAN SINGLE PISTON DAN DOUBLE PISTON TERHADAP JARAK DAN WAKTU PENGEREMAN MENGGUNAKAN VARIASI DISCBRAKE PADA MOTOR 125CC



Octa, Hakim (2024) ANALISIS PERBANDINGAN SINGLE PISTON DAN DOUBLE PISTON TERHADAP JARAK DAN WAKTU PENGEREMAN MENGGUNAKAN VARIASI DISCBRAKE PADA MOTOR 125CC. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of pendahuluan hakim new.pdf] Text
pendahuluan hakim new.pdf

Download (666kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Biodata.pdf] Text
Biodata.pdf

Download (173kB)

Abstract

Saat merencanakan dan merancang fasilitas jalan, keselamatan merupakan pertimbangan utama. Terdapat sejumlah penelitian mengenai analisis risiko kecelakaan, namun belum banyak penerapan praktisnya khususnya analisis risiko kecelakaan pada persimpangan prioritas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengambilan data dengan proses pengujian pada pengereman menggunakan single piston dan double piston dengan variasi discbrake standart dan after market. Penelitian ini dimaksud untuk membandingkan jarak dan waktu pengereman menggunakan discbrake variasi.Hasil pengujian perbandingan single piston dan double piston menggunakan discbrake standart dan discbrake variasi di dapatkan kinerja discbrake paling maksimal adalah discbrake variasi karena memiliki rata-rata waktu dan jarak pengereman yang lebih rendah dari pada discbrake standart. Pada single piston dengan berat beban tekanan sebesar 2kg didapatkan rata rata jarak tempuh 0,86 m (11,90 m - 11,04 m ) dengan waktu yang didapatkan 0,31 s ( 2,92 s - 2,61 s ). Sedangkan pada double piston dengan tekanan 2kg didapatkan hasil rata rata jarak tempuh 0,01 m ( 8,57 m – 8,58 m ) dengan waktu yang didapatkan 0,14 s ( 2,28 s - 2,14 s ).Penggunaan discbrake variasi pada pengereman single piston sangat memperngaruhi jarak dan waktu pengereman rata rata 0,86 m dengan waktu 0,31 s dari discbrake standart, dan discbrake variasi double piston didapatkan jarak dan waktu 0,01 m dengan waktu 0,14 s dari discbrake standart. Penggunaan discbrake variasi lebih baik dengan dapat mempengaruhui jarak dan waktu pengereman lebih kecil dari discbrake standart.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Mufarida, Nely Ana
NIDN0022047701
Dosen Pembimbing
Kosjoko, Kosjoko
NIDN0715126901

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Single piston, Double piston, Dsicbrake, Speed, Tekanan
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 629 Other Branches of Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Hakim Octa | hakimocta03@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2024 02:27
Last Modified: 19 Jul 2024 02:27
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21827

Actions (login required)

View Item View Item